Korupsi PLTS

Anas Urbaningrum Siap Penuhi Panggilan KPK

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi. Anas akan dimintai keterangan seputar korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Dia siap hadir dan akan datang memenuhi undangan KPK," kata salah satu pengacara Anas, Patra M Zen, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 22 September 2011.

Menurut Patra, Anas akan tiba di KPK sekitar pukul 10.00. "Dia datang sendiri tanpa didampingi pengacara," kata Patra yang juga aktif di Divisi Hukum DPP Partai Demokrat itu.

Dugaan Anas terlibat dalam korupsi PLTS ini pertama kali diungkapkan mantan bendaharanya, Muhammad Nazaruddin. Nazar menyatakan, Anas pernah menjabat sebagai salah satu bos di perusahannya, yakni PT Anugerah Nusantara.

Dalam catatan VIVAnews, Anas memang pernah tercatat beberapa kali berkongsi dengan Nazaruddin. Antara lain PT Anugerah Nusantara dan PT Panahatan. Tanggal 1 Maret 2007, Anas membeli 30 persen saham Nazaruddin di PT Anugerah. Saat itu Nazaruddin masih Wakil Bendahara Umum Demokrat.

Anas juga memiliki saham di salah satu perusahaan Nazaruddin, PT Panahatan. Berdasarkan dokumen PT Panahatan yang diperoleh VIVAnews.com, pada 2008, Anas dan Nazaruddin memiliki 35.000 lembar saham. Sisanya dimiliki oleh sepupu Nazaruddin, M Nasir, yakni 30 ribu lembar saham.

Mengenai bisnisnya ini, Anas mengakuinya. Namun, menurut Anas dia sudah menyatakan keluar sebelum menjadi anggota DPR. 

Kasus korupsi PLTS ini berawal dari ditetapkannya Timas Ginting, pejabat pembuat komitmen di Ditjen Pembinaan Pengambangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT). Timas diduga menyalahgunakan kewenangannya sebagai pejabat pembuat komitmen dalam pengadaan pekerjaan supervisi PLTS yang dimenangkan oleh PT Alfindo. Sedangkan istri Nazar, Neneng Sri Wahyuni juga telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga merupakan penghubung antara PT Alfindo dan pihak Kemenakertrans.

Oknum Anggota Polisi di Bone Pakai dan Edarkan Sabu-sabu ke Warga
Cat dinding

Tips Wujudkan Rumah Nyaman dan Sehat dengan Cat Dinding yang Tepat

Pemilihan cat dinding yang aman dan tepat dapat jadi solusi untuk menciptakan rumah yang hangat, menyenangkan dan sehat. Anda dapat melakukan hal-hal seperti berikut ini.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024