Langkah The Fed Picu Tumbangnya Saham Asia

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pasar saham Asia jatuh pada Kamis pagi ini, mengikuti terkoreksinya Wall Street, akibat ketakutan investor atas peringatan Federal Reserve bahwa Amerika Serikat menghadapi prospek ekonomi yang suram dengan "risiko penurunan signifikan".

Dolar menguat seiring tingkat suku bunga jangka pendek yang lebih tinggi menyusul rencana The Fed yang akan menjual surat utang pemerintah jangka pendek senilai US$400 miliar. Surat utang itu akan ditukarkan dengan surat utang berjangka lebih panjang.

Operasi yang dikenal sebagai "Operation Twist" itu, ditujukan untuk mendorong ekonomi dengan memaksa menurunkan biaya pinjaman jangka panjang.

Namun, langkah bank sentral dengan kekuatan ekonomi dunia terbesar itu direspon negatif pasar. Sebab, harga minyak dan komoditas jatuh bersamaan dengan harga saham di tengah kekhawatiran melemahnya permintaan.

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Hal itu dipicu, aksi sejumlah kalangan yang kecewa karena tidak ada langkah stimulus berani dari The Fed.

"Sejujurnya, aku terkejut melihat begitu banyak risiko setelah The Fed mengumumkan langkah itu," kata Teppei Ino, seorang analis mata uang di Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ di Tokyo seperti dilansir Reuters.

"Saya tidak menyangka, banyak orang yang mengharapkan The Fed memperbaiki neraca, tetapi ternyata mereka kurang berani mengambil keputusan," tambahnya.

Terlihat, indeks Jepang Nikke 225 turun 1,6 persen, sedangkan indeks saham Asia Pasifik di luar Jepang lainnya turun lebih dari tiga persen ke level terendah selama 14 bulan terakhir.

Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia saat dibuka pagi ini juga terkoreksi ke level 3.695,94. Bahkan, pada pukul 09.50, IHSG turun 166 poin di posisi 3.532,12. (umi)

Pantau Hotel & Dapur di Madinah, Menag Pastikan Fasilitas Layanan Jemaah Lansia
Lelang motor Yamaha RX-King dan Honda WIN

Lelang 5 Yamaha RX-King dan 2 Honda Win Cuma Rp47 Jutaan, Jual Lagi Auto Sultan

Seperti dilihat VIVA Otomotif pada situs Lelang.go.id pada Jumat 10 Mei 2024, ada Yamaha RX-King yang dilelang paketan dengan Honda Win cuma Rp47 jutaan. Gimana kondisi?.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024