Intervensi Rupiah, BI Serap SUN Rp3,2 Triliun

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Di tengah anjloknya indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menyentuh 3.369,14 atau terjun 328,35 poin (8,89 persen), rupiah justru menunjukkan penguatan. Intervensi Bank Indonesia membuat rupiah justru menguat 140 poin hari ini dan ditutup menjadi Rp8.760 per dolar AS.

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah mengatakan, BI hari ini melakukan intervensi untuk menstabilkan rupiah. BI juga membuka lelang surat utang negara (SUN) untuk membeli SUN.

Halal Bihalal Akabri, Prabowo Ajak Alumni Berbuat yang Terbaik untuk Bangsa

"BI menyerap SUN Rp3,2 triliun dari target indikatif Rp5 triliun. Artinya, tidak banyak yang mau lepas SUN sekarang ini," ujar Difi kepada VIVAnews.com, di Jakarta, Kamis, 22 September 2011.

Menurut dia, kepercayaan terhadap SUN masih tinggi. Difi menjelaskan, rupiah hari ini dibuka di level Rp8.900 dan ditutup Rp8.760 per dolar AS. Posisi tertinggi hari ini Rp9.100 per dolar AS.

Pada perdagangan hari ini, setelah dibuka, rupiah sempat menyentuh Rp9.300 per dolar AS. Melemahnya rupiah selain karena faktor global, juga terdapat perbedaan dua transaksi nilai tukar rupiah yang berbeda cukup signifikan.

Difi menjelaskan, dalam pelemahan rupiah hari ini terdapat dua transaksi yang cukup mencolok, yaitu perbedaan antara transaksi offshore (di luar negeri) dan onshore (di dalam negeri). Perbedaan transaksi itu bisa mencapai 300 poin, sehingga di pasar spot rupiah melemah cukup tajam.

Sebenarnya BI melarang perdagangan rupiah dilakukan di luar negeri, namun untuk kebutuhan tertentu bank menawarkan kontrak berjangka untuk melindungi dolar AS secara jangka panjang (non-deliverable forward) di pasar luar negeri. "Dari situ dihitung nilai spot, sifatnya matematis, turunan NDF, tapi bukan mencerminkan kondisi riil," ujarnya.

Di sisi lain, penurunan indeks saham di bursa domestik hari ini merupakan yang terburuk dibanding indeks bursa utama Asia lainnya. Indeks Nikkei 225 di bursa Tokyo jatuh 180,9 poin atau 2,07 persen, Hang Seng di bursa Hong Kong terpuruk 912,22 poin atau 4,85 persen, Straits Times di Singapura terkoreksi 74,13 poin atau 2,66 persen, dan Kospi di bursa Korea melemah 53,73 poin atau 2,9 persen. (art)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Zulhas: Bagus Banget, Kita Dukung

Prabowo ingin para mantan presiden rutin bertemu dan berdiskusi.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024