Mantan Direktur Merpati Diperiksa Kejaksaan

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net

VIVAnews - Kejaksaan Agung memeriksa mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Hotasi Nababan. Pemeriksaan ini terkait dugaan korupsi penyewaan pesawat Boeing 737-400 dan 737-500 senilai US$1 juta.

Selain Hotasi, Kejaksaan Agung juga memeriksa Mantan Direktur Keuangan Guntur Aradea. "Iya hari ini ada dua yang diperiksa," kata Juru Bicara Kejaksaan Agung Noor Rachmad dalam pesan singkatnya, Jumat 23 September 2011.

Lawrance TP Siburian selaku pengacara Hotasi mengaku membawa bukti-bukti lengkap. "Dia (Hotasi) diperiksa untuk yang kedua kalinya jadi semua kekurangan info dan data akan dilengkapi," kata Lawrance.

Kasus ini berawal pada tahun 2006, saat Direksi PT Merpati Nusantara Airlines menyewa dua pesawat Boeing 737 dari perusahaan TALG di Amerika Serikat. Biaya sewa untuk masing-masing pesawat seharga US$500 ribu.

Uang sebesar US$1 juta sudah dibayarkan ke rekening Hume & Associates melalui transfer Bank Mandiri. Namun, hingga kini pesawat tersebut belum pernah diterima PT Merpati Nusantara Airlines.

Tim Jaksa Penyidik kemudian mengendus adanya indikasi tindak pidana korupsi sebesar US$1 juta dalam kasus tersebut, sehingga meningkatkan status kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan.

Kejaksaan sendiri telah memeriksa mantan Dirut Merpati Cucuk Suryosuprojo dan Hotasi Nababan sebagai saksi. Selain itu, kejaksaan juga telah memeriksa Presiden Direktur Merpati, Sardjono Jhoni, sebagai saksi.

Kasus ini mencuat setelah Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu melaporkan adanya dugaan praktik penggelembungan harga pesawat Merpati tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi. (umi)

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024