Rekapitalisasi 16 Bank Eropa Dipercepat

Koin Euro
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAnews - Negara-negara di Eropa berencana mempercepat rekapitalisasi 16 bank yang diperkirakan bakal jatuh sesuai hasil stress test yang dilakukan sebuah tim dari Uni Eropa. Upaya itu juga merupakan bagian dari koordinasi guna menjadi kekuatan perbankan di 27 negara anggota Uni Eropa.

Seorang pejabat senior Prancis seperti dikutip Financial Times mengatakan pemegang saham dari 16 bank tersebut diperintahkan untuk segera menambah modal perusahaan.

Upaya rekapitalisasi bank ini diperkirakan melanda perbankan skala menengah di Uni Eropa. Sebanyak tujuh bank berada di Spanyol, sedangkan Jerman, Yunani, dan Portugal masing-masing dua bank, serta sisanya berasal dari bank di Italia, Siprus, dan Slovenia.

Dalam daftar 16 bank yang akan terkena rekapitalisasi termasuk di antaranya HSH Nordbank Jerman, dan Banco Popolare dari Italia.

Sementara itu, 14 bank Eropa lainnya adalah Espirito Santo and Banco Portugues dari Portugal, Piraeus Bank dan Hellenic Postbank dari Yunani, serta Banco Popular, Bankinter, Caixa Galicia, BFA-Bankia, Banco Cívica, Caixa Ontinyent, dan Banco De Sabadell dari Spanyol.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Selain itu, Nova Ljubljanska Banka dari Slovenia, Cyprus’s Marfin Popular Bank dari Siprus, dan Norddeutsche Landesbank dari Jerman.

Kepala Komisi Pasar Internal Uni Eropa atau EU Internal Market Commisioner, Michael Barner, menilai 16 bank tersebut nyaris gagal dalam proses stress test dan divonis akan menjadi rentan serta harus diperkuat pada masa mendatang.

"Kami ingin upaya rekapitalisasi bank ini dilakukan oleh sektor swasta. Era suntikan dana (bailout) untuk perbankan harus diakhiri. Walau saya tidak bisa pungkiri, ada kemungkinan dari bank-bank itu yang membutuhkan bantuan pemerintah," tuturnya.

Ketika Otoritas Perbankan Eropa atau European Banking Authority (EBA) melakukan tes skenario ancaman ekonomi terhadap 91 bank, sebanyak sembilan bank dianggap gagal dan diperintahkan untuk menambah modal mereka hingga akhir Desember 2011.

Sebanyak 16 bank yang tengah dalam sorotan Uni Eropa ini memiliki rasio modal tier-one sekitar 5-6 persen. Rasio ini menunjukkan kekuatan dari keuangan perusahaan. EBA telah memberikan batas waktu hingga April 2012 bagi perusahaan untuk mengimplementasikan rencana menaikkan cadangan modal mereka.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Sebagai informasi, Dana Moneter Internasional (IMF) beberapa waktu lalu pernah menyarankan agar Eropa segera melakukan upaya rekapitalisasi bank sebagai upaya mencegah penyebaran krisis surat utang yang melanda Yunani. (art)

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024