Demokrat Minta Banggar Tak Boikot RAPBN

Politisi Demokrat Saan Mustofa (kanan) & Politisi PAN Laurens Bahang Dama
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Sekretaris Fraksi Demokrat, Saan Mustopa, berharap Badan Anggaran DPR tidak benar-benar memboikot pembahasan anggaran bersama pemerintah. Menurutnya, bila itu dilakukan, maka rakyat akan terkena akibatnya.

“Tidak boleh ada boikot-memboikot, karena rakyat juga yang kena akibatnya,” kata Saan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 23 September 2011. Ketimbang memboikot pembahasan RAPBN, Saan meminta Banggar untuk mematahkan opini publik yang cenderung beranggapan Banggar adalah pusat korupsi.

“Mematahkan opini negatif itu dengan memperlihatkan kinerja Banggar yang maksimal, bahwa apa yang dilakukan Banggar adalah tugas suci untuk menyejahterakan rakyat,” ujar Saan. Ia berharap DPR dan penegak hukum segera menemukan solusi pasca pemanggilan empat pimpinan Banggar oleh KPK.

Saan berpendapat, KPK memanggil pimpinan Banggar mungkin karena tidak mengerti mekanisme pembahasan di Banggar. “KPK cuma melihat hasil saja. KPK butuh klarifikasi, sebenarnya pembahasan di Banggar seperti apa. Justru, kita justru harus menyosialisasikan bahwa pengambilan keputusan di Banggar dilindungi UU dan berjalan transparan. Jangan sampai Banggar menjadi tempat tertuduh terus,” papar Saan.

Ia juga mengatakan, anggota Banggar tidak perlu dihantui rasa ketakutan akibat dipanggil KPK. “Justru kita harus meyakinkan KPK, bahwa semua mekanisme sudah sesuai koridor dan aturan main yang ada,” ujarnya. Saan pun mengajak Banggar DPR dan KPK untuk saling membangun pengertian.

Sebelumnya, KPK memanggil 4 pimpinan Banggar DPR terkait kasus dugaan suap di Kementerian Tenaga Kewrja dan Transmigrasi. Namun Banggar mengeluhkan pemeriksaan tersebut, karena menurut mereka, pemeriksaan KPK bukan mengenai indikasi tindak pidana korupsi, melainkan proses pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh Banggar.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Drama  Sungkyunkwan Scandal

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Pada 2010, drama Korea Sungkyunkwan Scandal meraih kesuksesan yang luar biasa di kalangan penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, drama ini mulai sulit ditonton

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024