Rupiah Melemah, Momentum Bagi Eksportir

Ilustrasi nilai tukar rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai melemahnya nilai tukar rupiah harus bisa dimanfaatkan kalangan eksportir karena membuat produk Indonesia lebih kompetitif.

"Bagi eksportir melemahnya rupiah tentu suatu yang menggembirakan karena membuat produk kita lebih menarik," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Jumat, 23 September 2011.

Suryo menilai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS seharusnya dipandang dua sisi yang berbeda. Namun yang pasti, nilai tukar rupiah yang turun bahkan meyentuh Rp9.200 per dolar AS merupakan hal yang menggembirakan bagi eksportir.

Bagi kalangan eksportir, pemelahan nilai tukar rupiah di kisaran Rp9.000-an masih bisa ditolerir. Namun jika pergerakan rupiah terus melemah, pemerintah harus memikirkan cara untuk menjaga agar nilai tukar rupiah tidak jatuh lebih dalam dan bisa bergerak stabil.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada pembukaan pagi ini ditutup melemah hingga level Rp9.240 per dolar AS. Sore kemarin, rupiah diperdagangkan pada Rp8.720. Nilai tukar ini turun tajam dibandingkan pada awal bulan ini yang diperdagangkan pada level Rp8.533.

Upaya Indonesia untuk mencegah pelemahan mata uang rupiah juga terus dilakukan Bank Indonesia. Bahkan otoritas moneter di tanah air ini telah mengubah metode dalam mengintervensi rupiah dari sebelumnya menyasar pasar valuta asing menjadi intervensi di pasar valas dan pasar surat utang negara (SUN).

Gubernu Bank Indonesia Darmin Nasution dalam keterangannya mengatakan lelang SUN pada hari ini memang belum dilakukan oleh BI. Namun pembelian SUN melakukan mekanisme bilateral, di samping intervensi pasar valas. Dengan metode ini, situasi pasar rupiah diakui jauh lebih tenang, meski ada tekanan global. (umi)

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024