Ada Gamelan Sunda di Kompetisi Musik ASEAN

Sejumlah muda-mudi Rumania memainkan gamelan Bali
Sumber :
  • VIVAnews/KBRI Bukares

VIVAnews -  Kompetisi Komposisi Musik yang melibatkan komposer muda dari negara-negara ASEAN kembali di gelar. Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi negara tuan rumah acara yang digelar Goethe-Institut Asia Tenggara bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Dari tanggal 30 September-7 Oktober 2011, sebuah festival yang disertai lokakarya dan konser di Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta akan menandai puncak kompetisi bergengsi ini.

Sebagai penghormatan terhadap Indonesia selaku negara tuan rumah, kompetisi dibuka untuk komposisi yang menggunakan instrumen-instrumen gamelan sunda pelog salendro, instrumen-instrumen barat, maupun gabungan keduanya.

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan

"Kami sangat gembira menyambut berbagai seniman dari beragam latar belakang budaya, generasi, dan jam terbang ini, yang akan berkumpul untuk menciptakan karya-karya musik yang menggunakan berbagai macam instrumen Barat dan Indonesia,” ujar Direktur Regional Goethe-Institut Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, Franz Xaver Augustin, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews.

Dewan juri internasional yang terdiri dari berbagai musisi dan komposer ternama dari tujuh negara telah memilih sepuluh karya terbaik dari sekian banyak karya yang masuk dari seluruh negara ASEAN.  Sepuluh komposer muda terpilih dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina akan bertemu dengan dewan juri internasional untuk saling bertukar gagasan serta ikut serta dalam lokakarya dengan bimbingan dari para ahli.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Kompetisi ini diikuti kelompok ensemble mosaik untuk musik kontemporer dari Berlin dan grup gamelan Kyai Fatahillah dari Bandung. Kedua ansambel tersebut akan membawakan karya para komposer muda untuk pertama kalinya selama lokakarya dan konser-konsernya. Setelah lokakarya, para juri akan membuat keputusan akhir dan menyerahkan hadiah uang tunai kepada tiga orang pemenang.

Ilustrasi Anak Bermain di Playground

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Playground memberikan ruang bagi anak-anak untuk bergerak, berlari, dan bermain secara bebas, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan fisik mereka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024