Inilah Calon Deputi Gubernur BI Usulan BI

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews- Bank Indonesia telah mengirimkan surat kepada presiden usulan nama-nama calon Deputi Gubernur BI pengganti almarhum Budi Rochadi dan Muliaman Hadad yang masa jabatannya habis. Usulan itu akan dipertimbangkan oleh presiden yang selanjutnya akan dikirimkan kepada DPR.

Jabatan Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad berakhir pada 22 Desember 2011. Sementara Almarhum Budi Rochadi saat ini posisinya dirangkap Deputi Gubernur BI Ardhayadi Mitroatmodjo.

Berdasarkan sumber VIVAnews, calon yang berasal dari dalam BI yaitu Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad, Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Perry Warjiyo, Direktur Direktorat Pengelolaan Devisa Trisna W Suparyono. Selanjutnya Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran BI Ronald Waas, Direktur Pengelolaan Moneter Hendar, Kepala Kantor Perwakilan BI New York Kusumaningtuti, dan Direktur Direktorat Internasional BI Nelson Tampubolon.  

Namun untuk calon yang berasal dari luar BI, disebut-sebut Mantan Dirut BRI Krisna Wijaya juga diajukan kembali. Krisna yang pernah memimpin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah diajukan ke DPR selama dua kali, salah satunya bertarung dengan Halim Alamsyah dan Perry Warjiyo untuk menggantikan Siti Fadjriah pada 2010. Calon lain yang disebut-sebut yaitu Direktur Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah membenarkan BI telah mengirimkan surat kepada Presiden. Usulan itu selanjutnya akan disaring, sehingga nama-nama yang dikirimkan DPR sebanyak 6 calon nama. Menurut aturan, presiden maksimal mengirimkan tiga nama calon untuk satu posisi Deputi Gubernur BI. Namun ketika ditanya mengenai nama-nama tersebut, ia membenarkan nama calon dari dalam BI.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

"Memang nama-nama itu. Saya juga mendapat informasi dari calon yang bersangkutan," ujarnya kepada VIVAnews.

Sebelumnya Komisi Keuangan dan Perbankan DPR (Komisi XI) sudah mengirimkan surat kepada presiden agar segera mengirimkan nama pengganti dua calon Deputi Gubernur BI. Menurut Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis mengatakan berdasarkan UU BI, sebelum tiga bulan jabatanberakhir, nama calon pengganti Deputi Gubernur BI harus sudah masuk ke DPR.

"Berarti tanggal 22 September nama-nama calon usulan presiden seharusnya sudah masuk," ujarnya.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024