Suap Kemenakertrans

Serah Terima Uang Dilakukan Supir

Rekonstruksi suap Kemenakertrans KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Dedy

VIVAnews - Proses serah terima uang suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ternyata dilakukan oleh supir staf kementerian tersebut dan supir Dharnawati, pengusaha PT Alam Jaya Papua. Uang suap sebesar Rp1,5 miliar yang diletakkan di kardus durian dipindahkan antar mobil mereka.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Dalam proses rekonstruksi di kantor Kemenakertrans Kalibata, setelah uang diambil dari BNI kemudian diletakkan di mobil Dhanarwati yang berada di belakang gedung. Pada saat itu Dhanarwati satu ruangan dengan Kabag Program, Evaluasi dan Pelaporan Ditjen P2KT Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan.

Dari ruangan itu keduanya memerintahkan masing-masing supirnya melalui telepon genggam. Supir Dadong, Dandan, diperintahkan membawa mobil Avanza bernomor polisi D 1818 UL yang semula terletak di parkir halaman depan ke belakang gedung.

Sementara Dhanarwati memerintahkan supirnya, Elias, untuk mengikuti mobil yang dikemudikan Dandan. Setelah bertemu, Dandan lalu membuka bagasi. Lalu Elias membuka pintu bagian tengah, dan membawa kardus durian berisi uang itu dipindahkan ke mobil Dandan. Setelah itu mobil kembali ke parkir di depan gedung.

Setelah itu, Dadong lalu pergi ke Bandara Soekarno Hatta untuk terbang ke Denpasar Bali, menengok anaknya yang sedang kuliah. Sementara Dhanarwati pergi ke derah Otista.

Uang itu kemudian diletakkan di ruangan Sesditjen Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya, yang ruangannya berada di depan ruangan Dadong.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Setelah itu, Nyoman tertangkap tangan menerima uang itu oleh KPK. Dadong sendiri ditangkap di Bandara, sementara Dhanarwati ditangkap di daerah Otista.

Tamara Tyasmara.

Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Kenang Momen Kebersamaannya

Tamara Tyasmara hadir langsung ke rumah duka sekaligus ke TPU Jeruk Purut mengikuti prosesi pemakaman ibunda Angger Dimas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024