Pemain Saham Cermati Teror Bom

pialang memperhatikan pergerakan saham
Sumber :
  • Rosa Panggabean

VIVAnews - Teror peledakan bom kembali terjadi. Kali ini, di Gereja Betel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Tegal Harjo, Jebres, Solo, Minggu 25 September 2011. Meski terbilang berskala kecil, hal itu tetap dicermati pelaku pasar modal.

"Memang, teror bom tidak serta merta mengganggu transaksi pasar saham di bursa. Namun, investor tetap mencermati adanya aksi bom susulan," ujar analis PT Corfina Capital, Deni Hamzah kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin 26 September 2011.

Apalagi, Deni melanjutkan, bila aksi teror tersebut terjadi di Jakarta, seperti peristiwa ledakan bom di Hotel JW Mariott dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan Juli dua tahun lalu. "Jadi, sentimen domestik seperti teror bom turut dicermati pemodal di lantai bursa," tuturnya.

Namun, ia mengakui, faktor utama yang mempengaruhi pergerakan pasar saham domestik adalah sentimen global. "Seperti hari ini, IHSG terkoreksi karena terbawa pelemahan bursa regional," kata Deni.

Sementara itu, analis PT Trimegah Securities Tbk, Heldy Arifien, berpendapat, peristiwa peledakan bom di Solo kemarin tidak akan membawa dampak negatif di pasar modal Indonesia.

"Saya rasa sih nggak, tidak ada pengaruh bagi dinamika di pasar modal," kata dia saat dihubungi terpisah.

Bagi Heldy, para pelaku pasar lebih pintar dalam membaca situasi nasional Indonesia. "Secara historikal, dulu di Cirebon dan beberapa kasus teroris, bagi saya, para pelaku pasar lebih smart, sehingga dominasi sentimen negatif tidak terlalu besar," katanya.

Namun, ia mengaku bahwa peristiwa tersebut secara dampak sosial memang ada, tapi secara psikologis bagi investor tidak ada pengaruhnya. "Tidak ada pengaruh di pasar modal," ujar Heldy.

Heldy mencontohkan, seperti kericuhan antarkelompok di Ambon beberapa waktu lalu yang tidak direspons negatif pasar modal. "Saya melihat seperti kerusuhan di Ambon, malah indeks ada penguatan," kata dia. (art)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024