Tambah Daya, PLN Beri "Mercy"

Dahlan Iskan: Dirut PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara Dahlan Iskan menyatakan, akan memperpanjang program tambah daya gratis pada tahun depan. Program peningkatan daya listrik dari 450 Volt Ampere (VA) ke 2.200 VA ini untuk menekan biaya subsidi pemerintah.

"Kalau program ini kurang menarik,  kami akan kasih Mercy, nanti kami undi," kata Dahlan berkelakar di Jakarta, 26 September 2011.

Menurut Dahlan, program tambah daya digunakan untuk mengurangi beban subsidi bagi pelanggan 450 VA yang sangat besar. Sehingga, dengan program ini diharapkan beban subsidi menyusut. "Program penambahan daya saat ini gratis."

Menurut Dahlan, dengan program gratis ini, pelanggan dengan daya 2.200 VA bertambah menjadi 700 ribu, dan program tersebut dapat diperpanjang hingga tahun depan. "Kami menargetkan pelanggan 2.200 VA nantinya 1 juta," katanya.

Menurut Dahlan, pelanggan dengan daya 450 VA tak bisa diasumsikan miskin. Sebab, menurut Dahlan, meski biaya listrik hanya Rp15 ribu per bulan, biaya pulsa telepon justru lebih besar, mencapai Rp30 ribu. "Ini berdasarkan penelitian kami," katanya.

Dahlan menyatakan, persepsi masyarakat miskin saat ini harus diubah. Mereka saat ini lebih mementingkan isi pulsa daripada memikirkan energi, padahal energi jauh lebih penting.

Dahlan melanjutkan, ke depan pihaknya akan mengelompokkan pelanggan dengan daya 450 VA yang benar-benar miskin dengan pelanggan 450 VA yang tidak miskin. "Pelanggan yang tidak miskin inilah yang kami dorong pindah daya." (umi)

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto
Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024