Grup Astra Pimpin Kenaikan IHSG 143 Poin

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Maraknya aksi beli saham unggulan atau berkapitalisasi pasar besar di Bursa Efek Indonesia berhasil mendongkrak penguatan indeks harga saham gabungan lebih dari 140 poin.

"Terutama, saham-saham grup Astra," kata Kepala Riset PT Recapital Securities, Pardomuan Sihombing kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 27 September 2011.

Berdasarkan data BEI, IHSG terangkat 143,98 poin atau 4,34 persen ke level 3.460,11 pada akhir transaksi siang ini.

Rudal Houthi Berterbangan di Laut Merah, Kapal Induk AS Pasang Badan

Saham-saham grup Astra masuk dalam daftar efek yang menguat cukup besar atau top gainer seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang masing-masing naik 3-5 persen.

Pardomuan menuturkan, investor lebih berminat pada saham papan atas, terutama grup Astra karena untuk investasi cukup menjanjikan dan memiliki fundamental positif. Selain itu, saham-saham tersebut memiliki likuiditas tinggi di pasar modal. "Tentunya, sebagai saham berkapitalisasi besar dengan kenaikan 3-5,43 persen, pastinya grup Astra ikut men-drive kenaikan IHSG," ujarnya.

Penguatan IHSG hari ini, dia melanjutkan, juga dipicu kenaikan kembali atau rebound bursa regional setelah terkoreksi cukup besar Senin kemarin. "Indeks saham domestik dari sisi teknis juga sudah oversold (jenuh jual), sehingga kuat untuk rebound. Tentunya, kenaikan ini bisa berlanjut beberapa hari ke depan," tutur Pardomuan. (art)

Apple iPad Pro M4

Apple Officially Releases New iPad Pro with M4 Chip

Apple officially released the new iPad Pro in a stunningly thin and light design, taking portability and performance to the next level.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024