Nyanyian Penggugah Hati Siswa SLB

Poster Film Simfoni Luar Biasa
Poster Film Simfoni Luar Biasa
Sumber :
  • Dok.Pribadi

VIVAnews - Film 'Simfoni Luar Biasa' bercerita tentang seorang musisi bernama Jayden dan anak-anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sebuah yayasan.

Dibuka dengan adegan pertengkaran di sebuah kafe di Manila, Jayden (Christian Bautista) tampak menjadi bulan-bulanan pengunjung kafe saat bernyanyi. Adegan baku hantam tak terelakkan. Nasib Jayden makin tak jelas kala ia diusir dari apartemennya. Jayden akhirnya mengikuti nasihat sang bibi (Maribeth) untuk pergi ke tempat ibunya di Indonesia.

Meski berat hati, toh akhirnya ia tinggal bersama sang ibu, Marlina (Ira Wibowo). Dia sempat kikuk berada di tengah keluarga barunya.

Jayden yang pengangguran, kemudian diajak ibunya mengunjungi yayasan (semacam Sekolah Luar Biasa) untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Belum habis rasa herannya melihat siswa di sana, tiba-tiba saja sang kepala sekolah, Ibu Rinjani (Ira Maya Shopa) menawari Jayden untuk mengajar di sekolah tersebut sebagai guru musik. Masalah timbul ketika salah satu guru senior, Pak Dimas (Verdi Solaiman) bersikap sinis pada Jayden.

Jayden yang hampir menyerah secara kebetulan melihat paduan suara anak-anak. Dia pun ingin melatih siswanya di sekolah luar biasa untuk mengikuti kompetisi. Tapi mengajar anak-anak berkebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah, apalagi kali ini langkahnya mesti terganjal oleh wali murid.

Film yang disutradarai Awi Suryadi ini menggunakan tiga bahasa, Tagalog, Inggris dan Indonesia. Penggunaan bahasa Tagalog dominan di awal adegan, saat Jayden masih berada di Manila. Transformasi bahasa Tagalog ke bahasa Inggris muncul ketika Jayden dijemput ibunya. Meski akting Christian terasa kurang greget namun dia berhasil menyuguhkan suara yang merdu lewat soundtrack film yang berjudul I’m Already King.

Selain lagu tersebut, ada empat lagu lain yang dipakai untuk dinyanyikan secara paduan suara: ‘Pelangi’, ‘Kidung’, ‘Imagine’ dan ‘Burung Camar’. Sesuai dengan judulnya, tampilan paduan suara memang menjadi kunci dalam film yang diproduseri Delon Tio ini.

Anak-anak yang membintangi 'Simfoni Luar Biasa' diwajibkan untuk bisa bernyanyi saat mengikuti proses audisi. Yang menarik, beberapa anak yang memang berkebutuhan khusus juga ikut terlibat dalam pembuatan film berdurasi 99 menit ini.

Meski ada satu adegan yang agak janggal, namun akting beberapa bintang cukup pas di film ini. Seperti peran kepala sekolah yang dimainkan oleh Ira Maya Shopa, aktingnya terkesan natural, tegas sekaligus keibuan. Begitu juga dengan Ira Wibowo yang berperan sebagai ibu Jayden.

Satu lagi yang perlu dicatat adalah akting dari Verdi Solaiman yang memerankan karakter Pak Dimas. Aktingnya yang selalu sinis sukses memancing rasa kesal penonton. Penasaran dengan 'Simfoni Luar Biasa'? Film yang juga dibintangi Sophie Navita, Gista Putri dan Stanley Saklil ini dapat disaksikan mulai hari ini, 29 September 2011.