Bahas RAPBN 2012, DPR Ikuti Usul Menkeu

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menyatakan bahwa hari ini Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat akan memulai pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2012 pada tingkat panitia kerja (panja).

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara itu diharapkan selesai pada akhir Oktober 2011.

"Saya sudah bertemu dengan Banggar semalam. Jadi, hari ini pembahasan RAPBN 2012 setingkat panja diharapkan akan dimulai," ujar Agus usai menghadiri acara 'Launching Sensus Pajak Nasional' di JITEC Mangga Dua, Jakarta, Jumat 30 September 2011.

Terkait kemungkinan pembahasan ini selesai sesudah penetapan masa reses DPR, Agus menuturkan, pihaknya telah meminta persetujuan untuk pengunduran masa reses, sehingga pembahasan diperkirakan selesai pada 28 Oktober 2011.

"Nanti diharapkan, yang tadinya bisa diselesaikan pada 25 Oktober berubah jadi 28 Oktober. Jadi, tanggal reses untuk Banggar akan diminta persetujuan untuk ditunda pada 28 Oktober," tuturnya.

Agus menambahkan, akhir Oktober menjadi target penyelesaian pembahasan RAPBN 2012.

Sebelumnya, pemerintah mengusulkan masa reses DPR dapat diundur dari jadwal semula pada pekan ketiga Oktober 2011. Menurut Agus, pengunduran masa reses tersebut bertujuan agar pembahasan RAPBN 2012 dapat selesai tepat waktu.

Sesuai ketentuan, pembahasan anggaran tahun mendatang harus selesai pada tiga bulan sebelumnya. "Kami ingin mengusulkan agar reses yang jadwalnya sudah ada di minggu ketiga Oktober, ada pengunduran waktu," ujar Agus saat ditemui di kantor Kemenkeu, Jakarta, kemarin.

Agus melanjutkan, pihaknya tetap berusaha membangun komunikasi yang baik dengan DPR, khususnya Badan Anggaran. Tujuannya tak lain untuk mendapat kepastian penyelesaian pembahasan RAPBN 2012. "Agar program penyusunan anggaran 2012 bisa dilaksanakan," ujarnya. (art)

Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024