3-10-1990: Jerman Kembali Bersatu

Perayaan runtuhnya Tembok Berlin
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Tepat 21 tahun yang lalu, Jerman Barat dan Jerman Timur akhirnya kembali menjadi satu Jerman. Negeri Eropa itu sempat terpecah menjadi dua selama 45 tahun.

Menurut stasiun televisi The History Channel, pada akhir Perang Dunia Kedua, Jerman dikuasai empat kekuatan Sekutu, yaitu Amerika Serikat, Inggris dan Prancis, dan Soviet. Pada 1949, negara komunis itu menguasai bagian timur Jerman dengan mendirikan negara Repubik Demokratik Jerman.

Tidak mau kalah, di tahun yang sama, AS bersama Inggris dan Prancis membentuk Republik Federal Jerman, yang populer dengan sebutan Jerman Barat. Pecahnya kedua Jerman itu menjadi simbol era Perang Dingin antara kekuatan Barat dengan Komunis Soviet. Sebagai pembatas, dibangunlah Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur.

Empat dekade kemudian, tepatnya awal Oktober 1990, hampir satu juta warga Jerman dari Barat dan Timur berkumpul di Tembok Berlin, tepatnya di kawasan Reichstag. Mereka menghendaki bersatunya kembali Jerman.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Tembok Berlin pun mulai mereka hancurkan pada 9 November 1989. Pada tahun yang sama, rezim komunis di Jerman Timur runtuh. Peristiwa itu kian mendorong rakyat dari kedua Jerman untuk kembali bersatu.

Maka tepat pada dini hari 3 Oktober 1990, Lonceng Kebebasan akhirnya dibunyikan, pertanda keinginan rakyat kedua Jerman terkabul. Penyatuan kembali Jerman itu sekaligus menjadi simbol berakhirnya era Perang Dingin

Perlahan tapi pasti, Jerman kini kembali muncul sebagai kekuatan ekonomi nomor satu di Eropa.   
 

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024