Rapat DPR-KPK

Pimpinan DPR: Banggar Sengaja Tak Diundang

Wakil Ketua DPR Anis Matta, Priyo Budi Santoso & Pramono Anung
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews – Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, menyatakan bahwa Badan Anggaran DPR memang sengaja tidak diundang ke rapat konsultasi antara DPR, KPK, Kejaksaan, dan Polri, pukul 14.00 siang nanti, meski rapat tersebut khusus ditujukan untuk membahas salah paham yang terjadi antara  Banggar dan KPK. Tugas Banggar yang menumpuk, kata Priyo, menjadi alasan utama.

“Pimpinan DPR nanti akan didampingi oleh pimpinan fraksi dan pimpinan Komisi III. Banggar memang tidak diundang. Biar saja mereka konsentrasi menyelesaikan pembahasan anggaran 2012 di Cikopo, Puncak. Pokoknya mereka konsentrasi di sana saja, tidak perlu ikut rapat konsultasi,” tegas Priyo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 3 Oktober 2011.

Priyo menekankan, persoalan antara Banggar dan KPK harus diselesaikan secepatnya. “Polemik ini harus disudahi karena merugikan semua pihak,” tandas Priyo. Ia menambahkan, apabila polemik tersebut bisa segera usai, maka semua pihak bisa menyelesaikan tugas dan perannya tanpa terbebani persoalan yang tidak perlu.

Politisi Golkar itu yakin, KPK akan hadir dalam rapat siang ini. “Tanda-tanda baik. Insya Allah mereka bisa hadir,” kata Priyo. Sebelumnya, KPK telah dua kami menolak undangan DPR untuk menggelar rapat konsultasi guna menyamakan persepsi soal pemangggilan pimpinan Banggar sebagai saksi oleh KPK terkait kasus suap Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

KPK beralasan, KPK sedang sibuk melakukan proses penyidikan atas kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Selain itu, rapat juga dihadiri oleh pimpinan Banggar DPR yang notabene sedang diperiksa KPK sebagai saksi, sehingga KPK merasa keberatan dengan hal itu.

Kali ini, KPK bersedia hadir karena undangan yang dikirim DPR untuk ketiga kalinya itu, secara tegas tidak menyebutkan keikutsertaan Banggar dalam rapat konsultasi tersebut. Wakil Ketua Banggar, Tamsil Linrung, membenarkan bahwa Banggar tidak akan hadir dalam rapat konsultasi yang akan berlangsung siang ini di Gedung DPR.

“Walaupun rapat itu diadakan karena permintaan kami, tapi kami tidak harus hadir. Kami serahkan semua kepada pimpinan dewan. Kami percaya kepada pimpinan,” kata Tamsil yang hari ini akan kembali menghadap KPK untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan
SPBU Shell

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

PT Shell Indonesia dikabarkan bakal menghentikan operasional seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024