Investor Kembali Pilih Emas

Emas batangan
Sumber :
  • REUTERS/Krishnendu Halder

VIVAnews - Investor terus melarikan diri dari aset berisiko dan memilih emas sebagai lindung nilai atas kekayaannya. Investor ragu atas kemampuan Yunani dalam menghindari default yang bisa memicu gejolak keuangan dan resesi global.

Saham dunia jatuh ke terendah dalam dua tahun dan nilai tukar euro terhadap yen jatuh ke level terlemah lebih dari satu dekade pada Senin kemarin. Investor khawatir resesi global benar-benar terjadi.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa 4 Oktober 2011, kondisi ini telah membuat harga spot emas di New York naik 1,6 persen menjadi US$1.649,30 per ons dan emas berjangka untuk pengiriman Desember ditutup menguat US$35,40 menjadi US$1.657,70.

Pengakuan pajebat Yunani di Athena bahwa target defisit 7,6 persen pada tahun ini bakal meleset telah meningkatkan kekhawatiran besar. Harga minyak mentah AS jatuh 2 persen atau US$1,59 menetap di US$77,61 per barel, harga penutupan terendah dalam lebih dari setahun.

Pemerintah Yunani, dalam rancangan anggaran yang dikirim ke parlemen pada Senin, memperkirakan defisit anggaran bakal mencapai 8,5 persen dari produk domestik bruto 2011.

"Berita ini tidak mengherankan, tetapi jika Yunani terus memiliki masalah, benar-benar bisa menyeret Eropa ke dalam resesi, dan mungkin juga AS," kata Randall Warren, chief investment officer Warren Financial Service, di Exton, Pennsylvania.

Pembuat kebijakan Eropa tampaknya tidak lebih dekat untuk menyetujui solusi definitif untuk krisis. Pejabat pertemuan pada Senin itu membahas cara-cara untuk meningkatkan dana penyelamatan zona euro dan tekanan Yunani untuk melaksanakan reformasi struktural yang telah disepakati. (adi)

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5
Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024