Fahri: Saya Tidak Percaya Orang-orang KPK

Fahri Hamzah kunjungi koruptor Lalu Serinata di tahanan
Sumber :
  • Antara/ Ahmad Subaidi

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Fahri Hamzah, menyatakan blak-blakan tidak percaya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi. Politisi PKS itu bahkan menuding KPK berniat menghabisi DPR dan para pimpinan komisi tersebut hanya mencari popularitas semata.

“Saya sudah tidak percaya semua manusia itu. Mereka itu manusia kerdil semua yang kerja dengan diberi gaji luar biasa besar. Gaji jenderal bahkan bersaing dengan gaji satpam KPK,” ujar Fahri sebelum rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 4 Oktober 2011.

Fahri mengatakan, ia tidak percaya KPK karena sampai saat ini, korupsi belum juga hilang dari bumi Indonesia. “Sudah sembilan tahun DPR memberikan power dan kewenangan extraordinary kepada KPK, tapi korupsi di hulu dan hilir tidak juga hilang. KPK sekarang malah mau menghabisi DPR. Itu kan pembusukan sistem. Bahaya sekali ini. KPK harus dikritisi,” kata Fahri.

KPK seharusnya membenahi sistem, bukannya seolah-olah mencari popularitas dan mengesankan seolah lembaga lain tidak memberantas besar-besaran. "Jadi, mandat yang diberikan DPR selama ini adalah pemubaziran besar-besaran untuk membangun popularitas orang-orang di KPK,” tutur Fahri panjang lebar.

Sebelumnya, dalam rapat konsultasi antara DPR, Polri, Kejaksaan, dan KPK kemarin, Fahri mengatakan terang-terangan ingin membubarkan KPK. “Lebih baik KPK dibubarkan karena tidak percaya institusi superbody dalam demokrasi. Tidak boleh ada institusi superbody dalam demokrasi,” kata Wakil Ketua Komisi Hukum DPR itu.

Riset: Isu Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusivitas Masih Jadi Tantangan Perusahaan di Indonesia

Ucapan Fahri itu sontak mengundang reaksi keras dari masyarakat. Namun, Fahri menegaskan, ia tidak bisa dipecat dari DPR hanya karena mengkritik KPK. “Saya belum ditegur partai, dan saya tidak bisa dipecat hanya karena omongan saya. Rakyat yang memilih saya, membiayai saya supaya saya bisa mengkritisi siapapun. Mandat saya dari rakyat,” kata dia.

Secara terpisah, Ketua Dewan Syariah PKS, Surahman Hidayat, menyatakan, pernyataan Fahri terkait KPK adalah sikap pribadi, bukan merupakan sikap resmi partai. “PKS tidak bernah berpikiran membubarkan KPK. Fahri berlebihan. Itu bukan porsi dia,” ujarnya.

Elkan Baggott saat Ipswich TownIn vs Wolves di Piala Liga Inggris

Reaksi Elkan Baggott Usai Ipswich Town Promosi ke Premier League

Elkan Baggott berpeluang tampil di Premier League musim 2024 usai klubnya pswich Town promosi ke kasta teratas sepakbola Inggris.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024