Sudah Ada Content Provider yang Diputus

Sms Pulsa
Sumber :

VIVAnews - Siang ini, Depkominfo telah melakukan panggilan terhadap 10 operator telekomunikasi di Indonesia, terkait kasus penipuan dan pencurian pulsa yang diklaim masyarakat dilakukan oleh operator ataupun penyedia konten.

Dari pertemuan tersebut, terungkap bahwa sejumlah content provider (CP) nakal telah di-black list dan bahkan ada pula yang sampai diputus.

“Laporan dari operator dan internal kominfo serta pemberian sanksi oleh operator pada CP dan BRTI terhadap CP sudah sering dilakukan,” kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Humas Depkominfo usai rapat dengan operator di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 5 Oktober 2011.

Gatot menyebutkan, jumlah atau jenis laporan bervariasi dari satu operator ke operator lain. “Akan tetapi, sudah ada content provider nakal yang diblack list bahkan sampai diputus kerjasamanya,” ucapnya.

Terkait penipuan berlangganan konten dan tergerusnya pulsa lewat SMS promo long number, Gatot menyebutkan, peluangnya kecil. “Tetapi bisa saja entry point-nya menggunakan long number, tetapi pada saat kita masuk ke dalamnya, kita terjerat ke short number, misalnya *xxxx#,” kata Gatot.

Namun demikian, Gatot menyebutkan, SMS yang beredar menggunakan long number bukanlah termasuk yang disediakan oleh content provider. Pasalnya, content provider sudah melakukan kerjasama dengan operator, dengan demikian SMS dipastikan menggunakan format short number.

“Selain itu, pada rapat ini diputuskan pula bahwa operator dan pemerintah perlu melakukan kampanye iklan massif secara berulang-ulang agar pesannya bisa sampai ke masyarakat,” kata Gatot. “Dengan demikian, masyarakat akan mengerti, jika menerima hal seperti itu mereka sudah tau apa yang perlu dilakukan,” ucapnya.

Masyarakat juga bisa mengadukan masalah seperti ini ke nomor 159. “Nomor ini bebas pulsa. Nanti operator ataupun content provider yang melakukan kesalahan akan ditindaklanjuti,” ucap Gatot.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya
Pemakaman Joo Sun Oak

Aktris Teater Joo Sun Oak Meninggal Dunia, Mati Otak hingga Pilih Donorkan Organ Tubuh

Kabar menyedihkan tengah menyelimuti dunia seni Korea Selatan dengan kepergian mendadak aktris teater berbakat Joo Sun Oak yang dinyatakan mati otak usai pingsan mendadak

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024