Daya Tarik AS Besar untuk Anak Muda RI

Distrik Keuangan di New York
Sumber :
  • VIVAnews/Anton PM/ New York

VIVAnews -- Amerika Serikat rupanya masih memiliki daya tarik bagi pelajar Indonesia yang ingin menuntut ilmu di luar negeri. Fakultas teknik dan ekonomi menjadi favorit kebanyakan siswa Indonesia.

"Menurut data yang kami dapat, fakultas teknik dan ekonomi masih menjadi jurusan favorit mahasiswa Indonesia. Hal ini terbukti dari persentase mahasiswa Indonesia yang paling tinggi di kedua fakultas," ujar Duta Besar AS Scot Marciel pada acara Pameran Pendidikan Tinggi AS 2011 di Jakarta, 5 Oktober 2011.

Menurut pantauan VIVAnews, 60 stan kampus asal Negeri Paman Sam tampak ramai pengunjung. Selain menanyakan beasiswa, para pengunjung yang rata-rata anak muda juga menanyakan tentang jurusan yang mereka tuju, paling banyak teknik.

Persyaratan mendaftar sebagai mahasiswa di kampus-kampus peserta pameran kurang lebih serupa. Calon mahasiswa harus memiliki visa pelajar, jaminan sumber dana, kelengkapan dokumen, dan skor tes kemampuan berbahasa Inggris.

"Saya ingin kuliah ekonomi di AS soalnya di sana kurikulumnya lebih bagus dan manajemen pendidikannya tidak serumit disini," kata Alex, seorang pengunjung pameran yang masih duduk di bangku SMA. Selain itu ia mengaku tertarik setelah mendengar cerita teman kakaknya yang lulusan AS.

Sebelumnya, Dubes AS membantah pihaknya mempersulit visa untuk mahasiswa Indonesia. Menurut Marciel, 90 persen permohonan visa pelajar Indonesia telah dikabulkan Kedubes AS pada periode Juni hingga Agustus tahun ini.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Pelajar yang beragama Islam juga tak perlu khawatir dipersulit mendapatkan visa. Marciel menjamin tak akan ada diskriminasi dalam pengajuan visa hanya berdasar agama seseorang.

"Agama tak menjadi penghalang seseorang untuk mendapatkan visa. Selama Anda memenuhi seluruh persyaratan yang diajukan dalam pengajuan visa tanpa kecuali, maka Anda akan mendapatkan visa," pungkas Marciel.

Ilustrasi air lemon.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Lemon kaya serat, antioksidan dan vitamin C. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam lemon juga dapat membantu tubuh membakar lemak secara alami. 

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024