Oktober Ini DPR Uji Calon Pimpinan KPK

rapat konsultasi DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Ketua Komisi Hukum DPR, Benny K. Harman, menyatakan bahwa DPR akan segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan KPK. Saat ini, ada 8 nama yang sudah ditetapkan Panitia Seleksi Pimpinan KPK lolos ke tes terakhir di tingkat DPR.

“Bulan Oktober ini kami mulai. Tapi selesainya kapan, saya belum tahu, karena itu tergantung prosesnya nanti,” kata Benny, Kamis 6 Oktober 2011. Menurutnya, Komisi III pekan depan akan melangsungkan rapat untuk membahas prosedur dan materi fit and proper test tersebut.

Delapan nama calon pimpinan KPK yang akan mengikuti fit and proper test di DPR itu adalah Bambang Widjojanto, Yunus Hussein, Abdullah Hehamahua, Handoyo, Abraham, Zulkarnaen, Adnan Pandu Pradja, dan Ariyanto Sutadi. Anggota-anggota Komisi III sendiri sejauh ini lebih banyak menjagokan Bambang Widjojanto dan Yunus Hussein.

Yunus Hussein dijagokan karena pengalaman yang bersangkutan sebagai Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pengetahuan Yunus yang mendalam soal transaksi mencurigakan, dinilai menjadi modal positif.

Sementara Bambang Widjojanto dinilai memiliki komitmen dan rekam jejak yang jelas dalam upaya pemberantasan korupsi. Panitia Seleksi Pimpinan KPK sendiri menempatkan Bambang di nomor urut pertama calon pimpinan KPK.

92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan
ilustrasi bank.

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Pencabutan itu dilakukan OJK itu sebagai tindakan pengawasan untuk menjaga dan memperkuat industri perbankan serta melindungi konsumen. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024