10 Merek Produk Terbaik Tahun Ini

Perusahaan teknologi Apple.
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Lembaga konsultan merek, Interbrand, merilis daftar 100 merek produk terbaik di dunia. Di antara produk yang berseliweran di pasar dunia, Apple muncul sebagai produsen dengan merek produk bernilai tinggi yang mengalami peningkatan peringkat tertinggi di antara produsen lain.

Bahkan, seperti dikutip dari laman interbrand.com, lonjakan kenaikan peringkat ini membuat merek produk Apple masuk dalam 10 besar merek bernilai tinggi di dunia.

Dalam memberikan penilaian terhadap merek produk terbaik ini, Interbrand melakukan pemeringkatan berdasarkan pada tiga faktor.

Pertama, kinerja keuangan. Dalam kategori ini, Interbrand menilai sebuah produk dilihat dari kontribusinya pada pendapatan perusahaan. Untuk memberikan penilaian lebih maksimal, Interbrand menggunakan perkiraan pendapatan selama lima tahun mendatang.

Kriteria kedua dilihat dari peran dari merek. Pada kategori ini, Interbrand menilai porsi keputusan konsumen dalam membeli merek produk, harga, serta fasilitas yang disediakan.

Terakhir, kriteria yang digunakan adalah kekuatan merek. Interbrand menggunakan kriteria ini untuk menilai kemampuan sebuah merek produk terhadap pendapatan perusahaan pada tahun mendatang.

Berikut ini adalah 10 merek produk terbaik selama 2011.

10. Hewlet Packard (Nilai merek US$28,48 miliar)

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Hewlett-Packard (HP)
Kendati sempat mengalami guncangan setelah mengganti CEO pada 2010, Hewlet Packard (HP) tetap mampu bertahan di jajaran 10 besar merek terbaik di dunia.

Beberapa tahun terakhir, HP telah mengubah strategi bisnis perusahaan serta mengambil langkah transformasi pada nilai yang lebih tinggi, utamanya margin perusahaan.

HP di antaranya melakukan transformasi bisnis dengan memperluas upaya akuisisi serta mempertahankan budaya kolektif yang kompak.

9. Disney (nilai merek US$29,02 miliar)

Disney
Disney terus menjalankan bisnis dengan memberikan kualitas dan layanan kesenangan keluarga melalui taman hiburan, film, dan merchandise. Dalam setahun ke depan, Disney berencana untuk memperluas fasilitas Fantasyland di taman hiburan Orlando Magis Kingdom.

Disney juga terus menampilkan kinerja terbaiknya sekaligus menampilkan merek produk lebih terkenal lewat pembangunan sarana Disney di Shanghai, China.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

8. Apple (Nilai merek US$33,49 miliar)

Apple

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Tampil sebagai merek produk paling terkenal dengan peningkatan peringkat tertinggi, Apple merupakan ikon dari merek teknologi yang menghubungkan teknologi dengan pengalaman unik.

Merek Apple terbukti makin berkembang dilihat dari perilaku konsumen yang selalu mengikuti perkembangan terbaru dari Apple yang dikenal sangat cocok dengan gaya hidup masyarakat.

7. Intel (nilai merek US$35,22 miliar)

Intel Vacation

Intel merupakan produk terdepan dalam hal inovasi perangkat microprocessor. Perusahaan ini berangan-angan untuk lebih maju dalam menciptakan produk yang hemat energi, peduli terhadap kesehatan dan lingkungan, serta penggunaan teknologi komputer di dunia.

Intel selama ini dinilai terus mempromosikan produk yang lebih cepat, berkualitas, serta tahan banding dengan harga penjualan premium.

Namun, sebagai salah satu kandungan dari produk komputer, konsumen sering melupakan peran dari processor intel.

6. McDonald's (nilai merek US$35,59 miliar)

Mc Donalds
Perusahaan makanan cepat saji McDonald's selama ini terkenal sebagai merek makanan yang konsisten, berkualitas, serta responsif memenuhi kebutuhan konsumen, telah menancapkan kekuatan dari merek produknya di masyarakat.

Dalam upayanya lebih ramah lingkungan, McDonald's juga membuat program ambisius dengan meminta pemasok untuk memproduksi bahan makanan dari lahan yang sudah terkelola dengan baik dan ramah lingkungan.

(bersambung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya