Hatta: Cadangan Devisa Masih Aman

Dolar AS Menguat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan cadangan devisa sebesar US$114,502 miliar per akhir September masih aman. Hatta menilai langkah Bank Indonesia dalam menstabilkan nilai tukar rupiah dengan 'mengeruk' cadangan devisa sudah cukup baik.

“Tentunya BI sudah memperhitungkan semua hal. Apa yang dilakukan BI tentunya sesuai rencana untuk mengantisipasi apa yang terjadi," kata Hatta di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat 7 Oktober 2011.

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan jumlah cadangan devisa saat ini. Pasalnya cadangan devisa itu masih di atas US$100 miliar atau lebih baik dibanding krisis sebelumnya. "Jadi kita bisa mengatasi situasi global ini dengan baik," tambahnya.

Seperti diketahui cadangan devisa anjlok US$10,316 miliar (Rp92,51 triliun) selama sebulan. Cadangan devisa 30 September tercatat US$114,502 miliar, turun drastis dibanding posisi 26 Agustus US$124,63 miliar.

Posisi ini hampir mendekati kondisi cadangan devisa bulan April yang tercatat US$116,5 miliar. Padahal sejak awal tahun, cadangan devisa terus naik seiring masuknya arus modal asing pasca krisis finansial 2008. Pada Januari 2011, cadangan devisa masih di level US$95,3 miliar atau mengalami kenaikan US$29,3 miliar, lalu turun menjadi US$114,502 miliar.

Menurut Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah, turunnya cadangan devisa itu dikarenakan untuk pembayaran utang luar negeri, kebutuhan impor dan untuk stabilisasi nilai tukar. "Terutama pengusaha banyak membutuhkan valas di untuk pembayaran impor triwulanan," ujar Difi ketika dihubungi VIVAnews, Jumat, 7 Oktober 2011. (umi)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024