Krisis, Pertambangan Waspadai Kontrak 2012

Kegiatan penambangan batu bara Adaro Energy
Sumber :
  • Adaro Energy

VIVAnews - Pengusaha pertambangan Indonesia saat ini sedang mewaspadai krisis ekonomi yang menerpa Eropa dan Amerika Serikat. Pengaruh krisis akan mulai terasa pada dua tiga bulan ke depan terutama untuk kontrak-kontrak pembelian 2012.

Memang, kata Ketua Asosiasi Pengusaha Batu Bara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu, saat ini belum ada pengaruh krisis terhadap penjualan batu bara, sebab penjualannya masih mengacu pada kontrak-kontrak lama.

"Sampai hari ini kontrak-kontrak penjualan batu bara masih dipenuhi,"kata Bob di Jakarta, Jumat malam, 7 Oktober 2011.

Bob menjelaskan, sampai saat ini pengaruh hanya di pasar spot. Namun Ia menilai perekonomian global ke depan akan semakin memburuk. Pengaruh buruknya ekonomi global ini akan dirasakan sektor batu bara untuk kontrak-kontrak 2012 yang akan dinegosiasikan pada pertengahan November.

"Nanti setelah dua tiga bulan ke depan akan terlihat indikasinya," katanya.

Untungnya, lanjut dia, ekspor batu bara Indonesia ditujukan untuk konsumsi rumah tangga, bukan industri sehingga ia berharap krisis ekonomi global hanya sedikit mempengaruhi sektor batubara.

Wakil Ketua Indonesia Mining Asociation, Tony Wenas mengatakan, saat ini harga-harga mineral sudah mengalami volatilitas dan cenderung menurun drastis, salah satu diantaranya harga nikel yang mengalami penurunan dari US$22 ribu menjadi US$18 ribu per ton.

Karena itu, krisis ekonomi global harus diantisipasi oleh perusahaan-perusahaan pertambangan dengan cara penghematan biaya produksi. Selain itu, biasanya saat harga mineral sudah tidak berada di titik keekonomisannya maka perusahaan-perusahaan pertambangan kecil akan memilih berhenti produksi sementara.

"Saat produksi terhenti, harga akan kembali naik karena nikel langka di pasaran. Trendnya seperti itu sehabis harga turun, nanti akan naik kembali," katanya.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron
Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024