Sistem Check-In Garuda Lagi-lagi Bermasalah

Penumpukan Penumpang Garuda
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Semua jadwal penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta pagi ini mengalami keterlambatan akibat gangguan pada sistem check-in. Masalah ini disebabkan gangguan pada sistem jaringan Telkom yang bermasalah.

Menurut VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto, proses keberangkatan dan check in pesawat berasal dari pusat data Garuda yang disalurkan ke Bandara Cengkareng. Proses transfer data itu mengalami masalah.

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

"Jaringan dari Telkom yang menghubungkan Garuda dan Cengkareng mengalami gangguan data," ujarnya saat dihubungi VIVAnews, Senin, 10 Oktober 2011.

Menurutnya gangguan itu hanya terjadi di Bandara Soekarno Hatta, dan tidak terjadi di bandara lain di Indonesia. Gangguan itu terjadi sejak semalam, pukul 01.30 WIB. Hingga Senin pukul 8.00 pagi, jaringan pada Telkom masih mengalami perbaikan.

Akibat gangguan itu, petugas Garuda terpaksa menerapkan proses check in secara manual sehingga memakan waktu lebih lama. Petugas Garuda juga ditambah dua kali lipat. Terlebih pagi hari merupakan peak hours (jam sibuk) bagi penerbangan. Tak pelak sejumlah penerbangan Garuda harus mengalami keterlambatan.

Garuda sebelumnya juga pernah mengalami kekacauan jadwal keberangkatan pada Minggu 21 November 2010 hingga Selasa 23 November 2010. Kekacauan itu terjadi karena migrasi sistem interkoneksi.

Namun dalam migrasi itu sistem yang sebelumnya tidak terpadu sehingga sejumlah data tidak tertampung. Hal ini menyebabkan kru pesawat yang seharusnya bertugas tidak komplit. Akibat gangguan ini, sejumlah penerbangan terpaksa di tunda dan dibatalkan. (ren)

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit
Daud Kim

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Upaya YouTuber Korea Selatan dan mantan bintang K-pop Daud Kim untuk membangun masjid di Incheon menghadapi perlawanan dari warga setempat dan tuduhan penipuan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024