Kiat Waskita Karya Cegah BUMN Rugi

Konstruksi beton jalan layang Casablanca
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Untuk menyikapi sejumlah BUMN konstruksi yang merugi seperti PT Istaka Karya, pemerintah diminta mendorong Kementerian BUMN menyehatkan dan meningkatkan kinerja perusahaan pelat merah itu.

"Program Kementerian BUMN untuk menyehatkan dan meningkatkan kinerja perusahaan bisa menghasilkan keuntungan, karena lebih fokus kepada upaya efisiensi dan pengendalian proyek, serta pencepatan penagihan piutang," kata Direktur Utama Waskita Karya, M Choliq, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Selain itu, Choliq mengatakan bahwa Kementerian BUMN bisa melakukan program pengurangan biaya (cost reduction program). "Berupaya mengurangi beban bunga dengan mencari sumber pendanaan yang lebih murah," kata dia.

Selanjutnya, dia menambahkan, perlu dilakukan pertumbuhan anorganik. Misalnya, Kementerian BUMN menerapkan melalui pengembangan usaha.

Choliq menuturkan, dengan program Kementerian BUMN tersebut, akan dilakukan restrukturisasi modal melalui Pusat Investasi Pemerintah, penyertaan modal negara, Perusahaan Pengelola Aset, dan penawaran umum perdana saham atau IPO. "Selain itu, konsisten dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik," ujarnya.

Menurut dia, Waskita Karya menyikapi program Kementerian BUMN itu dengan memperbanyak sumber pembiayaan dan fasilitas Kelompok Mitra Kerja. "Juga dengan melakukan restrukturisasi model melalui PPA," kata Choliq.

Selain itu, Choliq menambahkan, pihaknya akan bersinergi dengan BUMN lain dalam upaya mengurangi beban bunga dengan mencari sumber pendanaan yang lebih murah. (art)

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024