Tifatul: Content Provider Urusan Operator

Tifatul Sembiring di DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menegaskan pemerintah tidak berhubungan dengan content provider atau penyedia layanan konten. Karena, kata Tifatul, yang berhubungan langsung dengan penyedia layanan konten adalah operator telepon selular.

"Jadi begini, kami, pemerintah itu regulator. Ada operator. Operator yang berhubungan dengan content provider. Kami tidak berhubungan dengan content provider," kata Tifatulk Sembiring di gedung DPR, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Menurut Tifatul, bila ada dugaan tindak pidana pada penyedia jasa layana konten, maka ada aparat hukum dalam hal ini kepolisian yang akan bertindak. Hal ini disampaikan Tifatul terkait adanya laporan balik perusahaan content provider PT Colibri Networks kepada pelapor Mochammad Feri Kuntoro.

"Nanti kita lihat apa masalahnya. Pelaporan itu kan ada perlindungan konsumen juga. Apakah pencemaran nama baik, kami akan lihat. Itu persoalan di ranah hukum yah. Coba tanya polisi. Saya belum baca masalah dia," kata mantan Presiden PKS.

Khusus membahas soal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bertemu dengan Markas Besar Polri, terutama Badan Reserse dan Kriminal. Pertemuan akan berlangsung Selasa 11 Oktober 2011.

"Makanya, kami akan bertemu dengan Bareskrim. Bila ada fakta-fakta penyedotan pulsa, supaya diusut kepolisian. Kriminal, tangkap," jelas Tifatul.

Kasus ini masih ditelusuri penyidik Cyber Crime Polda Metro Jaya. Kepolisian juga sedang berkoordinasi dengan Kemenkominfo, operator, dan pihak content provider untuk menelusuri unsur pidana dalam kasus ini. (adi)

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024