Trik Membuat Tubuh Lebih Berisi

Wanita makan spaghetti
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Di saat banyak orang frustasi dengan berbagai program penurunan berat badan yang tak kunjung membuahkan hasil, ada sebagian yang justru kebingungan mencari cara agar tubuh lebih berisi. Sudah makan banyak, tapi tubuh tetap sulit menyimpan lemak.

Terlepas faktor genetik, meningkatkan bobot tubuh tak cukup dengan memperbanyak makanan berlemak dan berkalori. Mengimbangi asupan makan dengan olahraga juga penting untuk mencapai tubuh lebih berisi tanpa memicu sakit. 

Coba ikuti lima cara menumbuhkan lemak di beberapa bagian tubuh, seperti dikutip Times of India:

1. Asupan kalori
Idealnya, wanita dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 2.000 - 2.500 setiap hari. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, namun masih merasa terlalu kurus, coba makan lebih banyak dengan memilih produk-produk makanan tertentu.

Susu, telur, ikan, dan daging berpadu roti dan sayuran bisa menjadi pilihan. Bisa juga dengan memperbanyak asupan makanan mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan dan kacang polong, dan makanan dengan kadar pati tinggi seperti kentang, beras dan tapioka.

2. Ngemil
Biasakan ngemil snack lebih sering. Tapi ingat, jangan pilih junk food. Pilih camilan berkalori tinggi yang lebih sehat seperti stik keju, muffin, buah kering, atau yoghurt. Selain itu, cobalah terbiasa makan dengan porsi lebih besar, setidaknya lima kali sehari.

3. Minuman
Minum banyak cairan bernutrisi dan berkalori tinggi seperti susu, jus buah segar atau minuman energi.

4. Olahraga
Jangan hindari olahraga. Yang justru harus dilakukan adalah olahraga yang fokus untuk meningkatkan massa otot, seperti angkat beban. Lakukan olahraga secara intens dengan periode singkat setiap latihan agar lemak tetap terjaga tanpa membuat tubuh lemas.

5. Konsisten
Mengubah gaya hidup pasti butuh proses. Yang pasti, harus ada komitmen untuk menjalaninya. Jangan mudah menyerah saat usaha tak kunjung membuahkan hasil. Seperti penurunan berat badan, peningkatan berat badan yang sehat juga membutuhkan proses bertahap tanpa terlihat drastis.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Bobot ideal
Yang gemuk ingin kurus. Yang kurus ingin lebih gemuk. Takaran ideal bobot tubuh biasanya ditentukan dengan penghitungan indeks massa tubuh (body mass index/ BMI).

Mereka yang tergolong obesitas memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30. Sedangkan orang gemuk dibatasi pada skala 25-30, dan tubuh ideal sebesar 18,5-24,9.

IMT dihitung dari berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan kuadrat (meter persegi). Sebagai gambaran, seseorang berbobot 70 kilogram dan tinggi badan 160 sentimeter memiliki BMI 27,4 kilogram per meter persegi. Angka yang memposisikan dia dalam kategori gemuk itu muncul setelah membagi bilangan 70 kilogram dengan 2,56 meter persegi (1,6 meter x 1,6 meter). (eh)

Ilustrasi penipuan di online

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Seorang Ibu Rumah Tangga di Bogor bernama Jehan, menjadi korban penipuan berkedok kerja paruh waktu Shopee. Ia kehilangan uang hingga Rp131 juta, karena tergiur dengan im

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024