Slovakia Tolak Dana Bailout

Koin Euro
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAnews- Parlemen Slovakia menolak meratifikasi pemberian dana bailout untuk menyelamatkan zona euro dari krisis utang. Namun pinjaman kepada Yunani kemungkinan besar akan disuntikkan pada bulan November.

Chief Bank Sentral Eropa, Jean Claude Trichet, mengatakan krisis utang telah menjadi sistemik dan harus ditangani dengan tegas.

Slovakia adalah satu-satunya negara di zona mata uang 17 anggota yang belum menyetujui pemberian kekuatan baru bagi European Financial Stability Fund (EFSF). Perluasan telah disepakati oleh para pemimpin zona euro pada Juli dan harus diratifikasi negara.

EFSF adalah senjata Eropa untuk merespon krisis utang yang mengancam mata uang bersama Eropa, bank-bank daerah dan berpotensi mempengaruhi sistem keuangan global.

Perdana menteri Slovakia, Ivesta Radicova, tidak mendapatkan dukungan, setelah partai kecil dan koalisi menolak rencana itu. "Ada asumsi EFSF, akan disetujui pada akhir minggu," kata Menteri Keuangan Uvan Miklos menjelang pemungutan suara parlemen seperti yang dikutip Reuters.

Kegagalan di parlemen Slovakia menggaris bawahi kesulitan zona tersebut bersatu untuk mengatasi krisis utang yang membutuhkan 17 negara harus segera bertindak.

Para pemimpin di kawasan tersebut tengah berjuang untuk menemukan jawaban yang akan melindungi bank-bank zona euro jika Yunani mengalami kegagalan utang.

Untuk saat ini, Athena membutuhkan infus langsung dari kas dalam beberapa minggu, hanya untuk membayar gaji aparat. Uni Eropa, IMF, Bank Sentral Eropa akan menyuntikkan pinjaman yang disebut troika sebesar 8 miliar euro pada bulan November. Namun hal ini masih membutuhkan persetujuan oleh menteri keuangan zona euro dan IMF.

Ford Bronco: Dari Populer Menjadi Mobil Paling Dibenci
Jayabaya

Jayabaya Ramal Soal Sosok Pemimpin Bangsa yang Bijaksana, Begini Katanya

Jayabaya, seorang monarki yang bijaksana dari Kerajaan Kediri, dikenal karena keahliannya dalam meramal masa depan, salah satunya mengenai pemimpin bangsa yang bijaksana.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024