Tifatul: Pencurian Pulsa Masuk Pidana

Tifatul Sembiring Rapat Dengan DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sudah mengumpulkan semua keluhan pelanggan soal dugaan pencurian pulsa. Semua aduan para pelanggan operator telepon selular yang mengarah kepada pelanggaran akan segera diserahkan kepada Mabes Polri.

"Itu kesepakatannya. Kami kumpulkan data-data pelanggaran itu dan kami serahkan ke Bareskrim (Badan Reserse dan Kriminal)," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Hingga 4 Oktober lalu sudah ada 9.638 aduan dari masyarakat yang masuk ke BRTI. Menurut Tifatul, semua aduan yang terkait pelanggaran-pelanggaran sudah masuk tindak pidana. Maka itu, semuanya akan dilaporkan ke Bareskrim.

"Sudah mengarah ke tuntutan pidana," kata mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. Soal kedudukan BRTI sendiri, Tifatul menekankan bahwa lembaga itu sangat independen.

Komposisi BRTI itu terdiri dari tiga orang pemerintah dan enam lainnya dari masyarakat. Jadi, kata Tifatul, masyarakat tidak perlu khawatir independensi badan itu. "Jadi, lebih kuat independennya," kata Tifatul.

Tifatul menegaskan, pemerintah dalam hal ini hanya mengawasi para perusahaan operator selular. Untuk content provider atau penyedia layanan konten itu menjadi tanggungjawab operator selular.

"Yang berbisnis adalah operator. Kami mengawasi dia (operator). Kalau salah, mereka (operator) yang kami hukum," kata Tifatul.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024