BKPM: BI Rate Turun, Inflasi Makin Terkendali

Young Leader Forum
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, menilai turunnya suku bunga acuan atau BI Rate dari 6,75 persen menjadi 6,5 persen menunjukkan keyakinan Bank Indonesia menekan inflasi. Inflasi diperkirakan dapat ditekan di bawah lima persen.

"Penurunan BI Rate akan menambah keyakinan dan kapasitas kita bahwa ke depan bisa terus mengendalikan inflasi," ujar Gita di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Menurut dia, BI baru menaikkan BI Rate menjadi 6,75 persen pada Februari 2011. Sementara itu, Malaysia dan Singapura sudah menaikkan suku bunga serupa lebih dari dua kali.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Gita optimistis perekonomian Indonesia masih sangat stabil di tengah ancaman krisis global yang terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 25-26 persen, jauh dari kondisi negara lain yang kini mengalami kesulitan ekonomi. Pada 2014, rasio itu bisa menurun sehingga mencapai 20 persen.

"Saya yakin potret makro perekonomian Indonesia masih sangat seksi dibandingkan dengan perekonomian di Uni Eropa dan AS," tambahnya.

Selain itu, Indonesia akan didukung jumlah penduduk Indonesia yang besar yang didominasi angkatan kerja hingga 2025. Sekitar 60 persen penduduk Indonesia berusia 39 tahun dan lainnya berusia 50 tahun.

Kondisi itu berbeda dengan struktur demografi di Hong Kong yang kebanyakan merupakan golongan usia lanjut. Jadi, wajar jika Indonesia dipandang akan menjadi lima negara terkuat di dunia pada 2030. (art)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024