PM Yingluck dan Abhisit Kompak Atasi Banjir

PM Yingluck Shinawatra dan Abhisit Vejjajiva
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVAnews - Perdana Menteri baru Thailand, Yingluck Shinawatra, dan pemimpin kubu oposisi Abhisit Vejjajiva sering berseteru di gelanggang politik. Namun, kedua tokoh itu melupakan sejenak perseteruan mereka dengan bersama-sama mencari jalan keluar atas bencana banjir, yang melanda Thailand dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut harian The Nation, Yingluck dan Abhisit dan para pejabat terkait Selasa kemarin bertukar pikiran mengenai upaya mengatasi banjir, yang telah melanda bagian utara Thailand dan kini mengancam Ibukota Bangkok dan sekitarnya. Mereka bertemu di Pusat Penanggulangan Banjir Nasional, yang berlokasi di Bandara Don Mueang.

Abhisit menyarankan kepada pemerintah agar evakuasi dan bantuan darurat dilaksanakan serentak di sejumlah penampungan. Mantan perdana menteri Thailand itu juga mengusulkan kepada PM Yingluck agar menggunakan area kargo di bandara Don Mueang sebagai tempat penampungan baru bagi para pengungsi korban banjir.

Selain mengutarakan sejumlah ide, Abhisit bersama Partai Demokrat yang dia pimpin juga menyalurkan bantuan darurat dan keuangan kepada para korban banjir. Mereka juga membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan dari waktu ke waktu.

Ide dan bantuan dari oposisi itu disambut baik oleh pemerintah. Bahkan kakak Yingluck yang berstatus mantan perdana menteri, Thaksin Shinawatra, menyambut baik kerjasama antara pemerintah dan oposisi menghadapi bencana banjir. Padahal, Abhisit baru saja dikalahkan Yingluck dalam pemilihan umum beberapa bulan lalu sehingga tersingkir dari jabatan perdana menteri. 

"Ini merupakan sinyal yang sangat bagus bagi bangsa ini. Saat kita menghadapi krisis, semua partai mengesampingkan semua perbedaan politik dan bekerja bersama untuk membantu negeri," kata Thaksin dalam suatu wawancara dengan harian Thailand dari Dubai, seperti yang dikutip kantor berita Bernama.

Sejak Juli lalu, banjir telah menewaskan lebih dari 260 orang. Sekitar 40 persen wilayah Thailand tergenang air.   (eh)

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit
Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan suatu respon disregulasi terhadap rasa frustasi anak sehingga anak tak mampu meregulasi rasa frustasi yang yang dialami.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024