Bisnis Waralaba, Solusi Hadapi Krisis

Mc Donalds
Sumber :
  • b-fair.net

VIVAnews - Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, mengatakan bisnis waralaba dapat menjadi solusi menghadapi krisis ekonomi dunia, sebab dapat membuka lapangan kerja baru.

"Franchise itu cara untuk mengatasi ekonomi global yang sedang tidak stabil," kata Anang Sukandar, usai menghadiri peresmian Menara Top Food sebagai kantor pusat dan training center di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Rabu, 12 Oktober 2011.

Anang menyebutkan, berdasarkan penelitian, franchise adalah pola yang unggul dapat menciptakan lapangan kerja. "Penelitian di Inggris menyebutkan ada 100 usaha baru, 90 persennya gagal, dan sisanya menjadi mapan," katanya. Yang mapan inilah sebagian besar adalah franchise.

Kemudian, Anang mendorong franchise lokal agar lebih berkembang, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru. Menurut dia, franchise di Indonesia baru menciptakan 800 ribu lapangan kerja langsung. "Kalau dihitung, multiplier efeknya bisa sampai empat kali lipat," kata Anang.

Sementara itu, lanjut Anang, perputaran uang dalam bisnis waralaba pada tahun ini mencapai Rp121 triliun per tahun atau meningkat dari 2007 yang hanya Rp81 triliun. Pada 2010, perputaran uang di bisnis ini mencapai Rp111 triliun. "Gerai franchise di Indonesia mencapai 40 ribu, sekitar 34 ribu itu lokal," katanya. (art)

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini
Penampilan bassist Day6, YoungK di di gelaran Saranghaeyo Indonesia 2024.

Seneng Ke Indonesia, YoungK Day6 Ngaku Ketagihan Sop Buntut Sampe Mi Ayam

YoungK kemudian melanjutkan penampilan energiknya bersama bandnya dengan membawakan lagu Playground,Babo, Microphone, Best Song hingga Let it be Summer.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024