Akuisisi Tambang, Adaro Ingin Kuasai Sumsel

Kegiatan penambangan batu bara Adaro Energy
Sumber :
  • Adaro Energy

VIVAnews - Perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO) makin memperluas ekspansi bisnisnya. Kali ini, perusahaan yang juga dimiliki Sandiaga Uno itu membeli 35 persen saham PT Servo Meda Sejahtera (SMS) yang merupakan perusahaan penyedia jasa pertambangan batu bara terintegrasi di Sumatera Selatan.

Pembelian 35 persen saham milik SMS milik PT Servo Infrastruktur tersebut dilakukan oleh anak usaha Adaro, PT Alam Tri Abadi dengan nilai akuisisi mencapai Rp200 miliar.

"Investasi kami di SMS merupakan bagian dari strategi untuk mengulangi kesuksesan bisnis model Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan," kata Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 14 Oktober 2011.

Setelah dilakukannya transaksi jual beli saham tersebut, komposisi pemegang saham SMS berubah menjadi Servo Infrastruktur sebesar 50 persen, Alam Tri Abadi 35 persen, dan PT Bumi Alam Sejahtera 15 persen.

Garibaldi mengatakan, transaksi ini dilakukan untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro Energy dalam bidang batu bara di Sumatera Selatan.

Adaro berharap, serangkaian akuisisi dan transaksi yang dilakukan perusahaan, semakin mendekatkan Adaro pada targetnya memiliki dan mengendalikan rantai pasokan batu bara yang terintegrasi secara vertikal di Sumatera Selatan.

"Tujuan utama kami adalah untuk memberikan nilai tambah jangka panjang yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia, mewujudkan Adaro Energy yang lebih besar dan lebih baik, serta pencapaian visi kami untuk menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka,” tuturnya.

SMS menyediakan pelayanan logistik batu bara yang terintegrasi di Sumatera Selatan. Melalui anak perusahaannya, SMS memiliki jalan khusus batu bara di Sumatera Selatan yang memberikan layanan pengangkutan batu bara.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Melalui anak perusahaan lainnya, SMS memiliki pelabuhan khusus untuk pengangkutan batu bara di pantai sebelah timur Sumatera Selatan yang memberikan layanan pemuatan batu bara ke atas kapal. (art)

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
Mak Vera.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Bahkan setiap tahun, Mak Vera selalu datang ke makam Olga Syahputra untuk kirim doa tepat di hari lahirnya yakni 8 Fabruari dan hari meninggalnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024