30 Tahun, Grup Ciputra Bangun 30 Kota

Ciputra World
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews - Memasuki usia 30 tahun dan bertepatan dengan usia pendirinya, Ir Ciputra ke-80, Ciputra Group kini telah membangun 30 kota di Indonesia dan luar negeri. Proyek pembangunan 30 kota itu direncanakan masuk catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) pada saat perayaan 14 Oktober 2011.

"Pada HUT ke-30 Ciputra Group dan Pak Ciputra ke-80, kami juga mengadakan serangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak pertengahan tahun ini, di antaranya merenovasi sekolah di lokasi sekitar proyek kami di 27 kota," kata Presiden Direktur Ciputra Group, Candra Ciputra, dalam konferensi pers memperingati 30 Tahun Ciputra Group, di Ciputra World Marketing Gallery, Jakarta, Kamis, 13 Oktober 2011.

Menurut Candra, kota-kota itu adalah Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Lampung, Tangerang, Bekasi, Jakarta, Bogor, dan Bandung. Selain itu, terdapat Tegal, Pekalongan, Semarang, Yogyakarta, Pandaan, Sidoarjo, Surabaya, dan Denpasar.

Kota lainnya yang juga dibangun adalah Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, dan Ambon. Sementara itu, di luar negeri yaitu Kamboja, Vietnam, dan China.

Saat ini, jumlah tenaga kerja yang diserap Grup Ciputra sekitar 3.793 karyawan dan tersebar di sejumlah proyek di Indonesia serta luar negeri.

Hingga akhir kuartal III-2011, total penjualan Ciputra Group mencapai Rp3,14 triliun. Ciputra Group juga menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp2 triliun pada 2012.

Direktur dan Sekretaris Perusahana Ciputra Group, Tulus Santoso, menjelaskan, pendanaan belanja modal tahun depan berasal dari dana internal dan pinjaman luar negeri. "Dari pinjaman luar negeri sebesar Rp1 triliun," kata Tulus.

Belanja modal Ciputra Group tersebut, menurut Tulus, sekitar Rp1 triliun akan diserap untuk pengembangan Ciputra World, lalu Rp500 miliar untuk Ciputra Development, dan Rp500 miliar sisanya lagi bagi Ciputra Property.

Tulus mengungkapkan, Ciputra Group menargetkan peningkatan penjualan sebesar 50 persen dari tahun ke tahun. Tahun ini, Ciputra Group meyakini mampu mencapai pertumbuhan melebihi target yang ditetapkan. "Tahun ini, pertumbuhan diharapkan bisa mencapai 89 persen," katanya.

Dia optimistis, peningkatan target penjualan tersebut bisa tercapai karena saat ini Ciputra Group memiliki 12 proyek yang diluncurkan. Sementara itu, dia melanjutkan, untuk proyek di luar Pulau Jawa, penjualan diperkirakan mampu mencapai Rp700 miliar pada akhir tahun ini. (art)

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari

Sosok Ernando Ari tengah menjadi sorotan setelah tampil mencolok saat rekan setimnya berhasil mengalahkan Australia 1-0 dalam laga kedua Grup A, Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024