Resep Tubuh Singset: Cinta Diri Sendiri

wanita bercermin
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Belajar mencintai tubuh yang Anda miliki jauh lebih efektif daripada berolahraga untuk menurunkan kelebihan berat badan atau menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok.

Menurut peneliti, terapi citra tubuh saat wanita melihat refleksi tubuh mereka di cermin, sebaiknya difokuskan pada kelebihan, bukan kekurangannya. Hal ini didasarkan pada studi terhadap wanita berusia 18-24 tahun yang berolahraga untuk menghentikan kebiasaan merokok mereka.

Di sesi pertama studi, peneliti mewawancarai 43 wanita muda dan menemukan bahwa kenaikan berat badan merupakan kekhawatiran utama mereka saat memutuskan berhenti merokok. Para peneliti kemudian memutuskan untuk menambahkan komponen citra tubuh dalam penelitian ini. Satu kelompok menjalani pelatihan citra tubuh sedangkan kelompok lain hanya berolahraga untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

"Komponen citra tubuh berguna, karena 44 persen dari peserta mengatakan mereka akan kembali merokok jika berat badan mereka bertambah," ujar penulis studi Melissa Napolitano, PhD, psikolog di Pusat Penelitian Obesitas dan Pendidikan Universitas Temple Philadelphia kepada ABCNews.

Para peneliti menemukan wanita yang mengikuti kelas citra tubuh dapat berhenti merokok dalam waktu seminggu serta kehilangan berat badan lebih banyak daripada kelompok lainnya.

"Pelatihan keterampilan citra tubuh sangat membantu untuk berhenti merokok. Karena citra tubuh membantu orang merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Mereka pun tak berpaling ke rokok hanya untuk mengontrol berat badan," kata Napolitano.

Penelitian ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society's Medicine di Montreal.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024