Bisnis Hotel di Sumbar Melonjak Pasca Gempa

Hotel Ambacang Padang sebelum terjadi gempa
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Bisnis hotel menunjukkan lonjakan signifikan selama dua tahun terakhir ini. Bahkan, Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumatera Barat memperkirakan pada 2012, lonjakan kamar mencapai 1.000 unit.

"Dari 2.500 kamar yang tersedia sebelum gempa 2009, diprediksi akan mencapai 3.500 kamar pada 2012," kata Ketua PHRI Sumbar, Maulana Yusran pada VIVAnews.com akhir pekan ini.

Maulana mengungkapkan, pertumbuhan hotel baru di Sumbar didominasi Kota Padang dan Bukittinggi. Di Padang, pertumbuhan hotel tercatat menjadi penyumbang jumlah kamar hotel signifikan. Sedikitnya, sejumlah hotel yang rusak pasca gempa mulai memperbaiki diri dan menambah jumlah kamar.

Hotel Inna Muara yang saat gempa berkapasitas 90 kamar, saat beroperasi pada awal 2012 nanti akan menjadi 180 kamar. "Ada penambahan sekitar tujuh hingga delapan hotel berskala besar yang dibangun di Padang dan Bukittinggi pasca gempa," kata Maulana.

Menurut Maulana, terjadinya lonjakan jumlah kamar hotel yang sempat porak-poranda akibat gempa 7,9 Skala Richter pada akhir September 2009 lalu, menunjukkan Sumbar masih diminati kalangan pebisnis perhotelan. Salah satu hotel besar yang mulai beroperasi di Padang saat ini seperti Mercure Hotel berbintang empat.

Tahun ini, grup Zuri juga akan memulai pembangunan hotelnya di Padang. "Zuri Express yang berbintang dua dipastikan akan meramaikan bisnis hotel di Sumbar pada akhir tahun ini," ujarnya.

Pasca gempa 2009 lalu, Sumbar sempat kehilangan sekitar 600 kamar atau setara dengan 50 persen kamar hotel berbintang di Sumbar. Sekitar 12 hotel berbintang seperti Basko Hotel, Ambacang Hotel, Bumiminang Hotel, tidak befungsi pasca gempa.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Kini, Basko Hotel telah berfungsi normal. Sedangkan Ambacang dan Inna Muara sedang dalam perbaikan yang diperkirakan awal tahun 2012 akan kembali berfungsi. (Laporan: Eri Naldi | Padang, umi)

Pemain Timnas Malaysia, Faisal Halim

Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Terancam Pensiun Dini Akibat Serangan Air Keras

Karir sepak bola penyerang Timnas Malaysia, Faisal Halim, terancam berakhir tragis setelah menjadi korban serangan air keras oleh OTK pada minggu lalu

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024