Ditangkap, WNI Penipu Menyaru Jemaah Haji

Kloter pertama jemaah haji Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede,Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Modus operandi kejahatan yang mengincar jemaah haji Indonesia makin canggih. Tak hanya menyamar sebagai petugas haji, para pelaku kini menyaru sebagai jemaah sendiri, lengkap mengenakan pakaian ihram. Yang memalukan, penipu itu ternyata orang Indonesia.

"Petugas berhasil menangkap pelaku yang berpakaian ihram," kata Kepala Bidang Pengamanan Kolonel CAJ Bambang Siswoyo, seperti dimuat situs Kementerian Agama, Senin 17 Oktober 2011.

Untuk itu, para jemaah calon haji diminta lebih waspada. Apalagi, kata Bambang, jumlah petugas yang mengawasi para jemaah sangat terbatas. Para pelaku kejahatan juga tak dihukum berat, dan karena itu seperti tak pernah jera.

Bambang menceritakan, beberapa waktu lalu petugas menangkap perempuan Pakistan yang berupaya menipu jemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi. Namun, saat diserahkan ke kepolisian setempat, pelaku hanya dideportasi. Ia tak dihukum sama sekali.

Penangkapan penjahat yang menyaru sebagai jemaah haji, membuat aparat jadi lebih waspada. "Sekarang ini petugas 'siluman' sudah diturunkan di Masjidil Haram," kata Bambang.

Soal modus operandi penipuan yang sering dilakukan, Bambang menjelaskan, pelaku biasanya meminta identitas jemaah dengan alasan akan dimasukkan dalam sistem komputer. Tanpa pikir panjang, korban lalu menyerahkan surat-surat kepada pelaku yang menyamar menjadi petugas haji. (kd)

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024