IMF: Pertumbuhan Asia Melambat

Gedung IMF di Washington DC
Sumber :
  • solarnavigator.net

VIVAnews - Senior President Representative International Monetary Fund (IMF) untuk Indonesia, Milan Zavadjil, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Asia akan melambat 0,3 persen pada 2012.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri diperkirakan menjadi 6,3 persen di tahun 2012 menurun dari 2011 yang diperkirakan mencapai 6,4 persen.

"Negara-negara emerging market di Asia akan melambat 0,3 persen di tahun 2012," kata Milan Zavadjil di Gedung Bank Indonesia, di Jakarta, Senin 17 Oktober 2011

Meski diprediksi menurun, namun kondisi ini tak perlu dikhawatirkan. Indonesia dinilai memiliki modal yang kuat  seperti tingginya permintaan pasar domestik dalam negeri dan kurs nilai tukar rupiah yang terus terjaga.

"Indonesia mungkin terkena sedikit pengaruh terhadap perlambatan ekonomi, tetapi tidak akan banyak. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti rendahnya ketergantungan Indonesia pada aset-aset Eropa dan kuatnya konsumi domestik,” ujarnya

Milan menegaskan meskipun di predikasikan pertumbuhan ekonomi di Asia akan melambat 0,3 persen dan di Indonesia secara keseluruhan akan melambat 0,2 persen, namun Indonesia masih memiliki neraca keuangan yang stabil da sangat likuid. Tingkat rasio utang dan pertumbuhan PDB juga masih dianggap wajar.

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024