Selasa, Hari Terburuk Memulai Diet

Mitos Diet
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Jika ingin memulai diet untuk menurunkan berat badan, perhatikan hari saat akan memulainya. Ahli menyebut, hari Selasa merupakan waktu  terburuk untuk memulai diet.

Penelitian dilakukan pada 2.000 wanita yang sedang berdiet di Inggris pada 2010. Ilmuwan mencari waktu dalam seminggu dimana diet paling berhasil atau menemui hambatan terburuk. Mereka menemukan, orang yang mulai berdiet Selasa paling mungkin kehilangan semangat dalam waktu seminggu berdiet.

Seorang juru bicara Tesco, yang melakukan jajak pendapat mengatakan, "Secara psikologis, pelaku diet lebih termotivasi untuk berdiet bila melakukannya pada hari Minggu."

Orang yang memulai diet di hari Sabtu, menurut studi, lebih memiliki tujuan jelas dan berkomitmen hingga mereka mencapai berat badan ideal. Mereka juga lebih cenderung terhindar dari kebosanan dan makan demi rasa nyaman yang merupakan 'penyebab utama' wanita terjebak dalam pola makan tak sehat.

Orang yang berdiet selama akhir pekan Sabtu-Minggu, rata-rata kehilangan 3,6 kilogram berat badan selama tiga minggu. Sebanyak 88 persen dari mereka pun dapat mempertahankan berat badan.

Survei menemukan, rata-rata wanita melakukan tiga jenis diet dalam setahun. Sebagian besar wanita gagal berdiet pada hari Jumat, yang disebut sebagai hari kerja paling berat. "Mengubah kebiasaan makan merupakan tantangan berat selama seminggu," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Studi ini juga mengungkap, satu dari empat wanita yang berdiet bahkan mengaku justru mengalami penambahan berat badan setelah diet. Berat mereka rata-rata bertambah 2,7 kilogram.

"Banyak hambatan yang menghalangi wanita dalam mengontrol berat badan mereka. Salahsatunya adalah kebosanan. Itulah pentingnya memiliki motivasi dan memulai diet tanpa tekanan di sekitar seperti pekerjaan." (umi)

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat
Dinsos Makassar razia dengan mengamankan manusia silver yang mengemis di Jalan Kota Makassar.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Dinsos Kota Makassar Sulawesi Selatan membeberkan temuannya terkait pengemis di Kota Daeng, salah satunya soal penghasilan manusia silver yang mencapai Rp8 juta per bulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024