Renegosiasi Kontrak Freeport Jalan di Tempat

Aksi demonstrasi berdarah PT Freeport
Sumber :
  • REUTERS/ Muhammad Yamin

VIVAnews - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral masih berupaya agar PT Freeport Indonesia melakukan renegosiasi kontrak karya pertambangan sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

"Renegosiasi dengan Freeport masih berlanjut," kata Menteri ESDM, Darwin Saleh di Jakarta, Selasa 18 Oktober 2011.

Ia menjelaskan, keberadaan pertambangan Freeport cukup besar dan sudah berdiri sejak 1967 sehingga Kementerian ESDM mendorong agar Freeport memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi daerah, pekerja, negara dan bangsa.

Kementerian ESDM, kata Darwin, mengutamakan kepentingan nasional dan kepastian hukum bagi investor. "Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 adalah kehendak rakyat dan diamanahkan kepada pemerintah. Kami terus mengupayakan dengan cara-cara yang baik, elegan agar penciptaan nilai tambah lebih banyak di sana," ujarnya.

Renegosiasi ini, kata Darwin, terus diperjuangkan pemerintah meski diperlukan waktu yang panjang. Namun, ia mengaku waktu yang lama ini bukan berarti pemerintah tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan renegosiasi kontrak karya.

Ia menuturkan, manfaat Freeport tidak sebatas royalti saja namun harus sebagai penggarak roda perekonomian. "Ada rumah kos, katering, sehingga roda perekonomian bergerak," kata Darwin.

Sebelumnya, Juru bicara PT Freeport Indonesia, Ramdhani Sirait mengatakan Freeport selalu terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah. "Terkait dengan apa yang direnegoisasi sampai saat ini Freeport masih menunggu pemerintah," tuturnya. (umi)

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal pertemuan antara Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024