Potensi Nasabah Kaya 1,1 Juta Orang Tahun Ini

ilustrasi wealth management
Sumber :

VIVAnews- Direktur Consumer PT Bank Negara Indonesia, Darmadi Sutanto, mengatakan potensi nasabah kaya dengan layanan pengelolaan kekayaan (wealth management) di Indonesia sangat besar. Setidaknya sekitar 1,1 juta nasabah berpotensi menjadi nasabah kaya.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

"Mereka yang pengeluarannya US$10-20 per hari," ujarnya di Jakarta, Selasa 18 Oktober 2011.

Menurutnya potensi nasabah 1,1 juta nasabah kaya sangat wajar, karena dalam 4 tahun ini jumlah nasabah kaya sekitar 400-600 ribu nasabah. Namun, menurut dia, nasabah kaya itu baru mendapat layanan private banking, belum tersentuh produk investasi dan lainnya.

Darmadi mengatakan perkembangan layanan nasabah kaya ini sangat pesat terutama layanan investasi di pasar modal. Untuk itu diperlukan perhatian nasabah harus mengerti dengan produk yang dibeli dan sekaligus memperhatikan risikonya. "Untuk itu pegawai bank juga harus memperhatikan kode etik dalam memberikan pelayanan wealth management,” ujarnya.

Di sisi lain, Bank Indonesia juga kini menggodok peraturan terkait wealth management dan private banking. Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah, mengatakan sebelum aturan itu disahkan, BI mengingatkan bank untuk selalu mengawasi pegawainya. "Pasalnya banyak bank yang menawarkan jasa wealth management, tapi tanpa diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Halim.

"Memang banyak memberikan pelayanan dan penegenalan mengenai wealth management tapi justru SDM nya tidak mengerti mengenai perencanaan keuangan yang benar,” ungkapnya

Secara tidak langsung, lanjut Halim, hal tersebut dapat menimbulkan resiko dari bank yang bersangkutan dan hasilnya terjadi pembajakan pegawai. BI meminta kepada bank yang memiliki jasa wealth management harus memiliki sertifikasi khusus, diantaranya bank harus memiliki surat resmi dari Certified Wealth Management Association (CWMA), "Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan melindungi konsumen," tambahnya.

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23
Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024