Pertamina Gandeng PPATK Cegah Pencucian Uang

foto ilustrasi audit
Sumber :

VIVAnews - PT Pertamina memberikan kemudahan akses kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pertamina dan PPATK dapat saling memberikan informasi mengenai indikasi transaksi pencucian uang atau tindak pidana terkait lainnya di lingkungan Pertamina.

"Bentuk pertukaran informasi tersebut dapat melalui permintaan data dari PPATK, pemberian data dari inisiatif Pertamina, pengembangan sistem teknologi informasi secara bersama-sama, dan melakukan sosialisasi bersama mengenai pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di lingkungan Pertamina," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochamad Harun dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 19 Oktober 2011.

Ia menjelaskan, Pertamina merupakan BUMN pertama yang menandatangani nota kesepakatan dengan PPATK terkait kerja sama itu.

Penandatanganan nota kesepakatan bersama ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mengelola perusahaan dengan berpegang pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) yang meliputi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan keadilan.

Ia menjelaskan, untuk mengukur penerapan GCG di Pertamina, telah ditetapkan lima parameter yang dinilai. Pelaksanaan hak dan tanggung jawab pemegang saham diberi porsi sembilan persen, penetapan kebijakan GCG mendapat porsi 8 persen.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Untuk implementasi GCG, Pertamina menetapkan porsi terbesar 66 persen. Sementara itu, pengungkapan informasi tujuh persen dan komitmen mendapat porsi 10 persen.

Kerja keras untuk penerapan GCG itu sudah menuai hasil. Hal itu tercermin dari peningkatan posisi Pertamina dalam indeks rating GCG sebesar 86,79 persen pada 2010 dan mencapai tingkat kesehatan perusahaan SEHAT pada kategori AA dengan skor 90,85.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024