Kiat Gita Wirjawan Antisipasi Produk Impor

Gita Wirjawan
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akan memfokuskan pada perdagangan domestik. Upaya yang akan dilakukan di antaranya dengan menyiasati serbuan atau impor barang dari luar negeri.

"Kita harus mengambil langkah tepat untuk perdagangan dengan luar negeri," kata Gita di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Menurut Gita, dengan membanjirnya komoditas impor pertanian, yang harus disikapi adalah meningkatkan, memaksimalkan, dan mengoptimalkan perdagangan dan pasar dalam negeri untuk kepentingaan domestik.

Kendati demikian, saat ditanya mengenai impor produk China yang marak, Gita menjawab perlu semangat keseimbangan. "Ya, keadilan perdagangan harus dijaga," ujarnya.

Mengenai impor, dia melanjutkan, penekanannya pada kualitas bukan kuantitas. Jadi, selama kualitas bisa dipertanggungjawabkan untuk barang yang keluar dan masuk, maka tidak menjadi persoalan.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

"Kita juga telah mengambil langkah. Pasar dalam negeri kita cukup kuat kok. Jadi, saya rasa kita terbuka. Tapi, kalau tidak, kita tidak bisa terbuka (impor)," tuturnya.

Sementara itu, terkait adanya keinginan menteri keuangan agar perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement-FTA) dievaluasi, Gita mengaku akan menemui menkeu dan para pemangku kepentingan lain untuk mempelajari langkah selanjutnya. (art)

Ilustrasi gambar pelat nomor kendaraan dengan teknologi canggih

Pelat Nomor Kendaraan Hilang, Ini Cara dan Biaya Bikin Barunya

Pelat nomor bukan hanya berfungsi sebagai identitas kendaraan, tapi juga sebagai bukti sah kepemilikan dan kelayakan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024