Bincang Hati

Menjalin Hubungan Tanpa Restu Keluarga

Pasangan saling mencintai.
Sumber :
  • doc. Corbis

Tanya:
Saya sudah menjalin hubungan dengan kekasih selama 2,5 tahun. Kami berasal dari suku berbeda, juga menganut agama berbeda. Belakangan, saya mulai ditegur ayah saya. Intinya, keluarga menentang hubungan kami.

Mereka meminta saya mencari pendamping dari suku dan agama yang sama. Mereka juga meminta saya memilih pendamping yang berpendidikan tinggi, tak seperti kekasih saya yang hanya lulusan SMP, meski pernah mengenyam pendidikan SMA.

Sudah tujuh bulan, saya bersitegang dengan keluarga. Saya tak bisa menerima larangan mereka, karena saya melihat kekasih saya sosok yang baik, bertanggung jawab, dan pekerja keras. Sementara ibu saya menangis meminta saya melupakan kekasih saya.

Saya nggak bisa berpisah dengan kekasih saya. Kami bahkan sudah memiliki niat untuk kawin lari, kebetulan keluarga kekasih saya sangat mendukung hubungan kami. Saya tertekan dengan sifat keluarga saya yang hanya menilai sesuatu berdasar faktor duniawi. Apa yang harus saya lakukan?
 
MM

Jawab:

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk lari dari masalah, sebaiknya coba pikirkan kembali dengan baik. Bagaimanapun orangtua yang sudah membesarkan Anda dengan susah payah. Jangan hanya menilai diri Anda saat ini, tapi lihat kembali perjuangan orangtua untuk membesarkan Anda sampai saat ini.

Coba ambil langkah pendekatan dengan membawa orangtua pasangan atau perwakilannya datang kerumah Anda. Sampaikan niat baik kekasih Anda untuk meminang diri Anda. Ini untuk menunjukkan bahwa pasangan Anda serius dan mau menerima risiko apapun dari orangtua Anda.

Mungkin, orangtua Anda bisa luluh setelah bertemu orangtua kekasih Anda. Dengan niat baik semuanya bisa terjadi. Yang pasti, jangan mengambil langkah nekat tanpa restu orangtua.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Baca juga: Diet Ekstrem: Santap Tikus Hingga Kucing

Konsultan: Feri Purwo

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Feri PurwoJika Anda punya masalah percintaan atau perkawinan, kirimkan pertanyaan Anda ke rubrik 'Bincang Hati' melalui email " konsultasi.fiesta@vivanews.com ". Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap Anda dan pasangan, berserta tanggal lahir. Nama pengirim akan disamarkan. Anda juga bisa curhat di www.curhaters.com atau di Twitter di @Feripurwo.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024