RI Jadi Basis Produksi Ban ke Timur Tengah

Ban Goodyear Wrangler
Sumber :
  • Goodyear

VIVAnews - Investor Dubai akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi ban untuk diekspor ke negara-negara Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) dengan nilai investasi mencapai US$90 juta atau setara Rp810 miliar (kurs Rp9.000 per dolar AS).

Konsul Jenderal RI di Dubai, Mansyur Pangeran, mengatakan investasi di bidang pembangunan pabrik ban tersebut merupakan kelanjutan dari kunjungan pengusaha asal Dubai ke Surabaya dan Bandung beberapa waktu lalu.

“Mereka sudah melihat lokasinya di Cikarang dan Karawang. Jadi, mereka akan produksi di sini dan akan diekspor lagi ke negara-negara Teluk,” kata Mansyur di sela acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-26, di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2011.

Kendati belum bersedia menyebutkan nama investor yang akan masuk tersebut, Mansyur mengungkapkan kapasitas produksi pabrik ban itu diperkirakan mencapai 20.000 unit ban per hari. Sementara itu, jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 2.000 orang.

Rencana investasi itu, kata Mansyur, hampir mendekati konkret. Hingga saat ini, tengah diselesaikan persoalan tanah dan administrasi. "Diperkirakan semua urusan selesai tahun ini, sehingga pada tahun depan sudah mulai beroperasi," katanya.

Pada TEI kali ini, Duta Besar dan Konjen RI di Dubai membawa sekitar 40 pengusaha dari Uni Emirat Arab. Sebanyak 90 persen dari pengusaha tersebut merupakan pelaku bisnis di bidang perbankan.

Menurut rencana, para pelaku usaha tersebut akan menggelar pertemuan bisnis dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait rencana penjajakan kerja sama di sektor perbankan.

Selain pertemuan tersebut, pemerintah juga memfasilitasi rencana investasi pembangunan pabrik penyulingan kelapa sawit.

Menurut Mansyur, pembatasan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) melalui kebijakan bea keluar yang diterapkan oleh pemerintah telah berdampak pada masuknya investasi baru dari Dubai.

"Ada perusahaan yang ingin bangun pabrik pengolahan di Riau dengan total investasi US$100 juta," ujarnya.

Investasi tersebut, dia menambahkan, juga merupakan kelanjutan dari kunjungan Gubernur Riau Rusli Zainal pada tahun lalu ke Dubai. (art)

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Shin Tae-yong meminta para pemain Indonesia U-23 untuk percaya dan mengikutinya. Dia percaya peluang menuju final Piala Asia U-23 2024 terbuka untuk mereka.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024