BUMN Peraih Laba Tertinggi

Pengisian bahan bakar pesawat
Sumber :
  • Pertamina

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengritik kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dianggap masih di bawah harapan. "BUMN kita banyak, 141 perusahaan dan asetnya besar. Tapi, keuntungan yang diberikan kepada negara masih jauh di bawah harapan," kata SBY dalam pidato pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu lalu.

Lalu berapa sesungguhnya laba BUMN? Kementerian BUMN mencatat laba bersih seluruh BUMN selama semester I Rp69,36 triliun. Perolehan laba itu naik 38,86 persen dibandingkan periode sama 2010 sebesar Rp49,95 triliun.

Peningkatan tersebut ditunjang kenaikan pendapatan seluruh BUMN sebesar 14,36 persen.

Data BUMN menunjukkan dari yang ada saat ini, PT Pertamina (Persero) menjadi BUMN yang paling banyak meraih laba bersih sepanjang 6 bulan pertama 2011. Perusahaan minyak milik negara itu tercatat meraih laba bersih sebesar Rp14,79 triliun atau melonjak 70,39 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Selama semester I 2011, Pertamina mencatat pendapatan usaha sebesar Rp223,18 triliun atau naik 25,15 persen dari semester I-2010 sebesar Rp223,18 triliun.

BUMN lain yang menjadi penyumbang laba bersih terbesar selama semester I 2011 adalah PT Telkom Indonesia Tbk sebesar Rp8,02 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Rp6,78 triliun), PT Perusahaan Listrik Negara (Rp6,55 triliun), dan PT Bank Mandiri Tbk (Rp6,32 triliun).

Kendati BUMN hanya memiliki 18 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, nilai kapitalisasi pasar BUMN tersebut mencapai 25,93 persen dari total kapitalisasi bursa.

Sementara itu, BUMN publik yang mencatatkan sahamnya di BEI membukukan laba bersih Rp34,57 triliun atau naik 36 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Dari sisi pendapatan usaha, BUMN terbuka mampu meraup hingga Rp162,15 triliun.

Di antara BUMN yang mencatatkan sahamnya di BEI, Telkom yang tercatat sebagai perusahaan publik milik negara yang mencatat laba terbesar. Posisi Telkom dikuntit oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Garuda Indonesia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik
Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri, Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, mengungkapkan bahwa jasad tujuh korban kebakaran Toko Frame dan Galeri di Mampang Prapatan sudah berhasil teridentifikasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024