Bank Mandiri Bidik Sektor Mikro

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk optimis akan mengejar pembiayaan di segmen mikro. Sebab, sektor tersebut diperkirakan nantinya bakal meningkatkan pendapatan perseroan.

Menurut Direktur Keuangan Bank Mandiri, Pahala Mansury, 90 persen bank nasional di Indonesia mulai beramai-ramai membidik segmen mikro. Hal tersebut, dipicu pertumbuhan segmen itu di perbankan sangat besar.

"Saat ini, banyak sebanyak 90 persen perbankan mulai mengejar segmen mikro. Ditambah lagi, BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang berkonsentrasi khusus mengejar segmen mikro," kata Pahala di Denpasar Bali, Jumat 21 Oktober 2011.

Pahala menegaskan, saat ini, ada 20 hingga 25 persen masyarakat yang belum tersentuh perbankan. Namun, justru di antara mereka banyak yang menjadi nasabah mikro, seperti kredit kendaraan bermotor. "Segmen mikro dinilai dapat menjadi motor pertumbuhan Indonesia ke depan dan pertumbuhan jangka panjang bisa mencapai 30 persen," tuturnya.

Mandiri, kata dia, tengah menyiapkan strategi untuk meningkatkan segmen mikro di antara menyiapkan outlet-outlet cabang mikro sebanyak 200 unit dan akan menambah 400 outlet mikro untuk tahun ini.

"Kami masih melakukan budgeting untuk pembukaan mikro outlet di 2012 dan Kita ingin mengembangkan segmen mikro. Sebab, tingkat profitabilitas segmen ini tidak kalah baik dengan segmen korporasi," ungkapnya.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

BUMN yang terdampak pada bahan baku impor dan BUMN dengan porsi utang luar negeri dalam dolar AS diminta untuk mengoptimalkan pembelian dolar AS dalam jumlah besar.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024