Tanpa Pria Ini, Tak Ada Teknologi Apple

Dennis Ritchie, Pencipta UNIX dan Bahasa Pemrograman C
Sumber :
  • TechCrunch

VIVAnews - Kematian Steve Jobs diratapi banyak orang di seluruh dunia karena sumbangannya yang tidak sedikit untuk dunia teknologi. Namun, kemajuan Jobs dan berbagai produk Apple-nya tidak akan bisa terwujud tanpa penemuan dalam dunia digital oleh Dennis Ritchie, yang meninggal pada 8 Oktober 2011.

Pada awal 1970, Ritchie menciptakan bahasa pemrograman C. Sistem baru Ritchie inilah yang kemudian mengubah seluruh kaidah-kaidah pembuatan program software. Sistem bahasa pemrograman C dinilai lebih ramping dan ringan untuk komputer pada masa itu. Selain itu, bahasa pemrograman ini dapat digunakan di komputer lainnya.

Selain itu, karya Ritchie lainnya yang mengubah sistem komputer adalah sistem operasi Unix yang mulai dikembangkan pada 1969. Sistem yang dibuatnya bersama Ken Thompson ini digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation.

Sistem ini merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas untuk mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

Bahasa pemrograman C berevolusi seiring waktu. Apple menggunakan bahasa C++, sedangkan Microsoft menggunakan C#. Sementara itu, sistem Unix memberikan tenaga bagi ratusan juta Apple dan piranti Android, perusahaan internet dan gadget kecil, seperti perekam video dan pemutar musik. (art)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
Sidang Perdana Perselisihan Hasil Pilpres 2024, Anies-Muhaimin

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan siap hadir di sidang pembacaan putusan sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024